Serius Tingkatkan Perekonomian dan Jaga Ketahanan Pangan, Kabupaten Gresik Diganjar Dua Penghargaan

Daerah, Pemerintah104 Dilihat

Surabaya, tretan.news – Pemerintah Kabupaten Gresik kembali meraih penghargaan. Kali ini, portal berita nasional Tribun Network yang memberikan penghargaan atas capaian Kabupaten Gresik di tahun 2023.

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah dua kali “naik panggung” untuk menerima penghargaan pada dua kategori.

Dua kategori tersebut di adalah daerah dengan Indeks Ketahanan Pangan (IKP) terbaik dan daerah dengan tingkat pemulihan dan pertumbuhan ekonomi terbaik. Penghargaan ini, diberikan Tribun Network bertepatan dengan HUT Harian Surya ke -34 di Dyandra Convention Center, Kota Surabaya, Kamis (09/11).

Wakil Bupati Aminatun Habibah, menegaskan bahwa dua penghargaan ini menunjukkan bahwa Kabupaten Gresik serius dalam peningkatan ekonomi dan ketahanan pangan.

“Dua penghargaan yang kiat raih hari ini, kita harapkan menjadi modal dalam upaya penurunan inflasi daerah dan tentunya berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Gresik,” tegas Wabup.

Sebagai informasi, IKP Kabupaten Gresik tebilang baik. Bahkan, Kabupaten Gresik menjadi satu-satunya Kabupaten di Jawa Timur yang masuk 15 daerah dengan IKP tertinggi secara nasional.

Pencapaian ini, sejatinya sejalan dengan program kerja Bupati dan Wakil Bupati Gresik yang tertuang dalam Nawa Karsa, yakni Gresik Agropolitan. Dimana, dari Nawa Karsa tersebut diterjemahkan melalui Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Gresik tahun 2021-2026.

Dalam hal pertumbuhan ekonomi, Kabupaten Gresik tergolong menggembirakan. Tercatat, tahun 2020 angka pertumbuhan ekonomi Kabupaten Gresik sebesar -3,46 %. Angka ini mengalami perbaikan pada tahun 2021 menjadi 3,79 %, dan menjadi 7,38% pada tahun 2022. Capaian ini jauh diatas rata-rata angka pertumbuhan ekonomi di Jatim sebesar 5,34 % maupun nasional sebesar 5,03 %.

Disamping menerima penghargaan, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah juga menjadi satu diantara kepala daerah, akademisi, dan kalangan profesional yang didapuk menjadi narasumber. Diantaranya Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas.

Dalam talkshow bertemakan “Menjaga Ekonomi Jatim Tetap Stabil Hingga 2024”, Wakil Bupati perempuan pertama di Gresik ini berbicara banyak mengenai peran UMKM dalam pertumbuhan ekonomi, serta upaya Pemkab Gresik dalam mendorong UMKM go international.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *