Satlantas Polrestabes Surabaya Segera Melaunching Inovasi Terbarunya Bodycam

TNI / Polri95 Dilihat

Surabaya, tretan.news – Untuk memberikan pelayanan terbaik dan transpransi kepada masyarakat di lapangan kini anggota Satlantas Polrestabes Surabaya dibekali bodycam sebagai inovasi baru.

Dengan adanya bodycam pada setiap anggota bisa memberikan realita atau realistis kejadian sebagai penyeimbang bila ada komplain terkait penanganan kepolisian.

Bodycam memiliki fungsi dan manfaat yang bagus dalam menindak lanjuti program pimpinan untuk menunjang pelaksanaan tugas personel di lapangan.

Dengan adanya bodycam di tubuh anggota maka juga akan mempermudah penyelidikan jika sewaktu-waktu ada informasi negatif tentang anggota di lapangan.

Satlantas Polrestabes Surabaya  melakukan ujicoba menggunakan bodycam. Upaya ini juga untuk mengurai kemacetan.

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Pasma Royce melalui Kasatlantas Polrestabes Surabaya AKBP Arif Fazlurrahman mengatakan, dari penggunaan bodycam yang akan diuji coba ada dua. Yakni body camera online dan offline. Saat ini sudah ada puluhan unit bodycam yang tengah di ujicoba.

“Untuk yang offline ketika anggota dalam situasi tertentu dapat mendokumentasikan foto ataupun merekam video situasi-situasi menonjol atau ketika harus mengambil tindakan-tindakan kepolisian,” kata Arif.

Menurut Arif, saat ini bodycam tersebut tengah dilakukan ujicoba secara terus menerus agar lebih presisi. Nantinya body camera tersebut juga bisa digunakan untuk fungsi.

“Ketika sudah di uji cobakan lalu lintas. Nanti juga body camera bisa digunakan untuk fungsi Samapta dalam melakukan kegiatan yang dilakukan tim Respati,” tandas Arif.

Arif menambahkan, body camera ini juga untuk mengendalikan personel, dapat memonitor secara realtime apa yang di hadapi anggota di lapangan.” Anggota dapat melakukan perekaman foto, video apabila diperlukan,” kata Arif.

Menurut Arif, alat ini lebih sebagai akuntabilitas pelaksanaan berbagai macam tugas, juga sebagai bentuk perlindungan kepada personel.

“Jadi merekam aktifitas dan pergerakan personel. Bisa juga melakukan panggilan darurat langsung ke command centre,” jelas Arif, pada Rabu (18/10/2023).

Penerapan kebijakan pemakaian bodycam pada tiap anggota baik terbuka dan tertutup diharapkan dapat meningkatkan profesionalitas Polri dalam melaksanakan tugasnya dengan jujur dan baik dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk pemakaian alat ini nantinya akan digunakan secara terbuka agar masyarakat tahu, hal ini untuk mencegah agar masyarakat tidak melakukan hal-hal yang bertentangan dengan aturan hukum dan tidak terkesan Polri mencari-cari kesalahan masyarakat.

Informasinnya, rencananya pada tahap pertama pihak kepolisian ada mengambil sekitar 50 unit dan pengadaan dilakukan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan

Dengan adanya inovasi yang dimiliki Polrestabes Surabaya ini tersebut juga merupakan implementasi dari penekanan tentang tugas wewenang dan tanggungjawab.

Rencananya, inovasi bodycam akan dilounching pada akhir bulan Oktober 2023, sehingga Arif mohon bersabar lebih dulu karena akan dijawab secara detail mulai sumber daya manusia (SDM), ide darimana inovasi bodycam, dan anggaran yang dikeluarkan.

“Nanti belum dilaunching. Nanti terjawab semua pada saat launching Sabar ya,” pungkas Arif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *