Wujudkan Kesejahteraan Pekerja, Wabup Gresik Sampaikan Kerjasama LKS Tripartit Adalah Kunci

Berita93 Dilihat

Malang, tretanan.news – Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, membuka kegiatan Silaturahmi Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit Gresik, di Hotel Aria Gajayana Malang, Rabu (08/11). Dalam pembukaan ini, wabup berharap tercipta simbiosis yang baik, antara perusahaan dan pekerja.

“Mudah-mudahan tercipta simbiosis yang baik, karena kita ini saling membutuhkan. Perusahaan membutuhkan pekerja dan pekerja membutuhkan perusahaan. Oleh karena itu, LKS Tripartit ini harus bekerjasama dengan baik,” ujar Wabup Gresik itu.

Meski demikian, menurutnya saat ini masih perlu banyak kajian yang perlu dilakukan. Seperti fakta bahwa Gresik merupakan salah satu destinasi investasi terbaik di Gresik, tapi tingkat pengangguran masih cukup tinggi.

Data BPS mencatat, tingkat pengangguran terbuka Kabupaten Gresik tahun 2022 berada pada angka 7.84 %, yaitu 56.501 orang. Hal inipun mempengaruhi kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Gresik.

“Selama 10 tahun terakhir, tingkat kemiskinan di Gresik masih diangka sekitar 10%. Harapan kita kedepannya dengan mewujudkan SDM berkualitas dapat mengurangi jumlah tersebut hingga di bawah 9%. Hal ini akan dapat terwujud apabila kita berusaha bersama-sama.” ujar wabup yang akrab disapa Bu Min itu.

Untuk itu, Bu Min berharap agar LKS Tripartit dapat merangkul seluruh pengusaha dan perusahaan yang ada di Gresik. Sehingga dapat menciptakan lebih banyak peluang kerja.

“Maka ini menjadi PR kita bersama agar pengusaha di Gresik dapat dirangkul seluruhnya. Sehingga saya senang sekali ada pertemuan seperti ini, karena ini akan dapat mengakomodir kebutuhan kita di Gresik.” katanya.

Sejalan dengan keinginan Wabup Gresik, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Gresik Andhy Hendro Wijaya juga berkeinginan menjadikan forum ini menjadi lebih bermanfaat. Dia mengaku banyak persoalan terkait ketenagakerjaan yang selesai berkat forum ini.

“Ini menjadi manfaat karena kita bisa menciptakan kesamaan pandangan dalam menyelesaikan berbagai persoalan terkait ketenagakerjaan.” ucap Kadis Andhy.

Perlu diketahui, agenda ini diikuti oleh kurang lebih 60 peserta anggota LKS Tripartit yang terdiri dari serikat pekerja atau buruh, pengusaha, dan pemerintah. Turut hadir pula Wakapolres Gresik yang diwakili oleh Kabag Logistik Polres Gresik Kompol Nur Amin, Kepala DPMPTSP Agung Endro Dwi Setyo Utomo, Kepala BUMD Gresik, Ketua Kadin dan Apindo Gresik, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Gresik, Ketua DPC Serikat Buruh Gresik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *