Tradisi Gunungan Meriahkan Sedekah Bumi Dusun Klampisan Desa Tambakrejo Duduksampeyan

Gresik, tretan.news – Dusun Klampisan Desa Tambakrejo meriahkan Sedekah Bumi dengan Gunungan di Halaman dekat makam Mbah Santri Jakfar Arif beserta istri.Sabtu 27/07/2024.

Tradisi setiap tahun adakan sedekah bumi dan Ancak Galungan tumpeng pagelaran wayang kulit Ki Dalang Warsono Hendro Bahwono S,S,N tempat Dsn Klampisan, Desa Tambak Rejo, Kec. Duduksampeyan, Kabupaten Gresik, Sabtu 27/07/2024.

Giat terdiri dari kepala Desa Tambakrejo, Latip bersama Perangkat, Babinkaptibmas Aiptu Prayitno bersama anggota, Kepala Dsn Kasran, Tokoh Agama Mustofa,Tokoh Masyarakat Supriyadi RT/RW, Pukul 08.00 WIB.

Menurut kepala Desa Tambakrejo Latip menyampaikan bahwa, Tradisi sedekah bumi dengan berbagai prosesi dan ritualnya masih cukup kental dalam kehidupan warga masyarakat Dsn Klampisan, Kec. Duduksampeyan, Kota Gresik.

Seperti kegiatan kirab serta Ziarah makam Mbah Santri Doa bersama dipimpin oleh tokoh agama Mustofa diikuti ratusan warga berdoa bersama mendoakan Mbah Santri leluhur dan saudara. Suasana terlihat akrab dan penuh kekeluargaan saat warga bersama kepala Desa dan Perangkat Desa Tambakrejo, Imbuh Latif.

Yang mana di tahun-tahun sebelumnya mengadakan persembahan campursari Waras CS dari Gedungdoro Tembelang Jombang, namun kali ini oleh warga Klampisan mengadakan pertunjukan wayang kulit dengan sumber dana dari partisipasi masyarakat.

Dan bisa kita lihat dari kemeriahan dan padatnya penonton juga sangat antusias dengan mengikuti sampai usai pertunjukan. Hal yang paling penting dalam acara ini masyarakat memperlihatkan syukurnya kepada Tuhan Yang Maha Esa atas Bumi Pertiwi.

Dan harapan setelahnya semoga setelah tasyakuran sedekah bumi pada tahun ini tambah makmur, gemah ripah lohjinawi, ayem tentrem murah sandang murah pangan dijauhkan dari segala balak. Harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *