Puskesmas Pangarengan Gelar Gebyar Posyandu Excellent Di Desa Gulbung, Begini Tujuannya

Berita, Daerah, Kesehatan345 Dilihat

SAMPANG, Tretan.News – Bertempat di Desa Gulbung, Gebyar Posyandu Excellent Tahun 2023. Acara yang berlangsung meriah dihadiri oleh para anak atau bayi balita, dewasa dan lansia di dusun Larangan, Desa Gulbung, Kecamatan Pangarengan, Kabupaten Sampang Jawa Timur, Jumat 15 September 2023.

“Adapun maksud diadakan kegiatan ini adalah sebagai Launching/mengawali pelaksanaan Posyandu Excellent (Posyandu Prima), dimana pelaksanaan Posyandu dengan sasaran tdk hanya BALITA dan Ibu Hamil. Tetapi pelaksanaan Posyandu yg ditujukan untuk
-Bayi dan Balita
-Ibu Hamil
-Usia Produktif yaitu POSBINDU (usia 15 – 59 thn)
-Usia Lanjut (>59 th) berupa Posyandu Lansia

Sehingga pelaksanaan Posyandu Prima ini diperuntukkan seluruh anggota keluarga.
Upaya ini juga merupakan langkah utk Penguatan Posyandu Aktif, yang akan meningkatkan kunjungan masyarakat ke Posyandu. Dengan demikian diharapkan bisa memantau dan meningkatkan Derjat Kesehatan Kekuarga sekaligus meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat, yang dilakukan oleh Komponen Masyarakat bersinergi dengan Tenaga Kesehatan didalam Posyandu Excellent (Posyandu Prima) Dengan masyarakat rajin mengunjungi posyandu Prima, akan memudahkan Petugas/Tenaga Kesehatan memantau dan mengetahui pertumbungan, perkembangan, dan kesehatan masyarakatdi wilayah kerjanya” terang dr. Indah Nur Susanti Kepala UPTD Puskesmas Pangarengan saat berikan sambutan.

Sehubungan dengan tujuan diatas maka diselenggarakan kegiatan Gebyar Posyandu Excellent di Desa Gulbung. Kegiatan tersebut merupakan langkah awal bagi Pelaksanaan Posyandu Excellent/Posyandu Prima. Diharapkan posyandu ini akan menjadi percontohan bagi posyandu yang lain.
“Ini akan dilaksanakan di setiap desa, sehingga setiap desa mempunyai minimal 1 Posyandu Prima (Posyandu Exvellent), dan bila nanti dirasa bermanfaat sekali akan terus bertambah pembentukan dan pelaksanaan Posyandu Prima sehingga pada akhirnya semua posyandu merupakan Posyandu Excellent” harapnya.

Acara Gebyar dimulai dengan Pembukaan dengan pembacaan Bismillah oleh pembawa acara, dilanjutkan pebacaan Doa, Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Lagu Sampang Hebat Bermartabat, acara selanjutnya penampilan anak2 sasaran POSYANDU menyanyikan lagu anak dan lagu daerah, kemudian penampilan Kader-Kader Posyandu yg menampilkan Penyuluhan Kelompok dengan Konsep EMO DEMO.
Selanjutnya di sampaikan sambutan oleh Kepala UPTD Puskesmas Pangarengan.
Dilanjutkan dengan Peresmian Pelaksanaan Posyandu Excellent oleh Ibu Ketua TP PKK Kecamatan Pangarengan didampingi oleh seluruh Lintas sektor yang hadir. Kemudian diberikan bbrp Hadiah untuk Bayi dengan ASI Eksklusif, BALITA dg Status Imunisasi Dasar Lengkap (IDL), dan Kader Terbaik di Desa Gulbung. Acara dilanjutkan dengan peninjauan Pelaksanaan Posyandu Excellent.

Acara Gebyar Posyandu Excellent di buka langsung oleh Ketua PKK Kecamatan Pangarengan Ny. Sri Andayani Nur Holis, dalam kesempatan tersebut hadir pula Camat Pangarengan yg diwakili oleh Sekcam Pangarengan, Kapolsek Pangarengan Ipda Iwan Hadi, Danposramil Pangarengan Peltu Karmuji, Kepala Desa se Kecamatan Pangarengan, serta Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Gulbung.

Bidan Ariza Hayatun Nufus selaku Selaku Bidan Bina wilayah Desa Gulbung di posyandu Excellent juga mengucapkan, “Terima kasih kepada masyarakat yang hadir khususnya para Kader Kesehatan yang telah ikut membantu menyukseskan acara tersebut sehingga terselenggara dengan baik. Kegiatan Gebyar Posyandu Excellent yang sangat meriah ini dan semoga dapat menjadi contoh Posyandu yang lain,” harapnya

Acara ditutup dengan pemberian pelayanan posyandu dan pemeriksaaan kesehatan kepada bayi, ibu Hamil, masyarakat usia produktif, dan lansia.

Mldn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *