Plt Bupati Bangkalan Drs Mohni MM Lepas Petugas Lapangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (PL-KUMKM)

Pemerintah297 Dilihat

Bangkalan, tretan.news – PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Bangkalan melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Dinkop UMKM) menggelar acara pelepasan Petugas Lapangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (PL-KUMKM) di Pendopo Agung, Jumat 15 September 2023. Acara ini dihadiri oleh Plt Bupati Bangkalan Drs Mohni MM yang memberikan arahan dan motivasi kepada para petugas lapangan.

PL-KUMKM merupakan petugas yang bertugas melakukan pendataan lengkap terhadap seluruh pelaku dan unit usaha/perusahaan dalam skala usaha menengah, kecil dan mikro yang ada di wilayah Kabupaten Bangkalan. Pendataan ini merupakan bagian dari program nasional yang dilaksanakan oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) sejak tahun 2022 dan ditargetkan selesai pada tahun 2024.

Menurut Plt Bupati Bangkalan, pendataan PL-KUMKM ini sangat penting untuk mengetahui kondisi riil dan potensi UMKM di Kabupaten Bangkalan. Dengan data yang akurat dan valid, pemerintah dapat merancang kebijakan dan program yang tepat sasaran untuk meningkatkan kesejahteraan dan daya saing UMKM.

“UMKM adalah tulang punggung perekonomian kita. Oleh karena itu, kita harus mendukung dan memberdayakan mereka dengan segala cara. Salah satunya adalah dengan melakukan pendataan PL-KUMKM ini agar kita tahu kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi oleh UMKM. Dengan begitu, kita bisa memberikan bantuan, fasilitas, pelatihan, bimbingan, dan akses pasar yang sesuai dengan kondisi masing-masing UMKM,” ujar Plt Bupati Bangkalan, Jum’at (15/09/2023).

Plt Bupati Bangkalan juga mengapresiasi kinerja Dinkop UMKM yang telah menyiapkan para petugas lapangan yang profesional dan kompeten. Ia berharap para petugas lapangan dapat bekerja dengan baik, jujur, teliti, dan bertanggung jawab dalam melakukan pendataan PL-KUMKM.

“Kita harus bersyukur bahwa kita memiliki Dinkop UMKM yang proaktif dan responsif dalam mengurus UMKM di Kabupaten Bangkalan. Saya yakin dengan kerjasama yang baik antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan para pelaku UMKM, kita bisa menciptakan iklim usaha yang kondusif dan menguntungkan bagi semua pihak,” tutup Plt Bupati Bangkalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *