Polsek Pangarengan Salurkan air bersih dilakukan di dua Desa yang Terdampak Kekeringan

Berita235 Dilihat

Sampang, Tretan.news – Polsek Pangarengan mendistribukan air bersih untuk warga yang terdampak kekeringan akibat fenomena alam el nino pada kamis (12/10/2023), Pukul 13.30.wib, di Dusun Plasah, Kecamatan Pangarengan.

Didampingi anggota, Kapolsek Pangarengan IPDA.IWAN SUHADI, S.H menuturkan, berdasarkan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) musim kemarau tahun ini mencapai titik puncaknya di bulan Agustus dan September 2023 ini. Sehingga pihaknya pun perlu menyiapkan droping air bersih menggunakan truk tangki ke sejumlah desa, termasuk tokoh masyarakat untuk membantu pengadaan air bersihnya.

Saat pembagian air bersih di Desa Plasah, Kapolsek Pangarengan di lokasi bisa berkomunikasi dengan BPBD, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) untuk memanfaatkan sementara bak penampung air bersih sebagai hidran umum.

Di sini, Kapolsek Pangarengan menitip pesan agar warga setempat bisa ikut serta menciptakan iklim mikro dengan menanam tanaman, memanfaatkan ruang sempit di tengah padatnya lingkungan permukiman, termasuk pohon atau tanaman keras seperti mangga, nangka, ataupun ketapang kencana jika masih tersedia lahan pekarangan.

Dirinya juga meminta pemerintah desa bisa menanam pohon keras seperti trembesi pada turus jalan ataupun beringin di lingkungan sekolah untuk meminimalisir penguapan dan hawa panas akibat paparan sinar matahari secara langsung, disamping fungsinya menjaga cadangan air tanah.

Kapolsek Pangarengan pun mengimbau warga bisa memperbanyak lubang biopori untuk mengonversi sampah organik rumah tangga menjadi kompos, selain berfungsi pula sebagai resapan air hujan untuk memperpanjang ketersediaan air tanah.

Di tempat yang sama, KYAI IMAM SYAFII mengaku senang dengan bantuan pemerintah ini. Menurutnya, kesulitan air bersih di lingkungannya terjadi sejak awal April 2023, terlebih kondisi sumur rumahnya yang berkedalaman 10 meter kini mengering.

“Alhamdulillah, kalau ada bantuan (air bersih) seperti ini saya senang. Biar masyarakat semakin sehat, tidak mudah sakit” kata KYAI IMAM SYAFII.

Usai dari Desa Pener, distribusi bantuan air bersih dilanjutkan ke Dusun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *