Polda Jatim Lakukan Uji Balistik Senpi Organik Polres Semenep

TNI / Polri133 Dilihat

SUMENEP, Tretan.news – Tindak lanjut arahan Kapolda Jatim pada giat commander wish, Bidlabfor Polda Jatim bekerjasama dengan Birolog Polda Jatim dan Bidpropam Polda Jatim melaksanakan pendataan, pengecekan, uji balistik serta pembuatan database balistik senpi Polres Sumenep. Rabu (01/11/2023).

Team uji balistik terdiri dari Bidlabfor Polda Jatim tiga orang, Birolog Polda Jatim satu orang dan Bidpropam Polda Jatim satu orang dengan dibantu personil Bagian Logistik Polres Sumenep yang dipimpin Kabag Logistik Akp Sugiarto.,S.H.,M.H bertempat dilapangan tembak Wirapratama Polres Sumenep Jl Urip Sumoharjo No 35 Desa Pabian Kecamatan Kota Sumenep Kabupaten Sumenep.

Uji balistik atau disebut juga balistik forensik merupakan pemeriksaan yang melibatkan bukti senjata api yang mungkin telah digunakan. Adapun yang diperiksa dalam uji balistik adalah kekuatan gerak dan dampak yang disebabkan tembakan proyektil. Saat peluru ditembakkan dari pistol, pistol meninggalkan bekas mikroskopis pada peluru dan kotak peluru. Tanda ini seperti sidik jari balistik.

Dalam pelaksanaannya uji balistik kali ini khusus untuk senpi pendek, masing-masing senpi diregistrasi diberi nomor urut, setiap satu senpi revolver dan pistol di uji dengan ditembakkan sebanyak 2 kali tembakan (dengan 2 amunisi) pada tempat yang telah disediakan.

Kabag Logistik Akp Sugiarto.,S.H.,M.H mengatakan, kegiatan uji balistik ini adalah program Biro Logistik Polda Jatim dalam rangka pendataan, pengecekan dan pembuatan database balistik di Polres Sumenep.

Untuk uji balistik senpi pendek organik Polres Sumenep sebanyak 358 pucuk dijadwalkan tiga hari ( 01 – 03 Nopember 2023 ) kata Kabag Logistik Akp Sugiarto., S.H.,M.H.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *