Pantau Langsung Pencairan BLT-DD Tahap 1, Ketua BPD Desa Bancelok Pastikan Bantuan Diterima Langsung Oleh KPM

Berita, Daerah, Sosial159 Dilihat

Sampang, Tretan.News – Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Bancelok Kecamatan Jrengik Kabupaten Sampang, Rahmatullah, S.S. M.Pd., pantau langsung pencairan BLT-DD Tahap 1 yang mana penyalurannya langsung di Bank Sampang (Jum’at, 1 September 2023). Setiap KPM menerima Bantuan sebesar Rp. 900.00,- untuk 3 Bulan (Januari, Februari, Maret).

Mamak, Ketua BPD Desa Bancelok, menyampaikan sebanyak 31 warga Desa Bancelok Kecamatan Jrengik Kabupaten Sampang terdaftar pada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahun 2023 yang mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 222/PMK.07/2020 tentang Pengelolaan Dana Desa dan berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) No. 104 tahun 2021 yang diprioritaskan untuk Keluarga miskin atau tidak mampu yang berdomisili di desa dan diprioritaskan untuk keluarga miskin yang masuk dalam kategori kemiskinan ekstrim.

Dalam pantauannya selama proses penyaluran, Mamak memastikan KPM yang hadir sesuai dengan Daftar KPM yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Desa Bancelok saat Musyawarah Desa Penetapan KPM BLT-DD.
“Kemarin, Bapak Kepala Desa Bancelok Achmad Suyanto mengirim Surat Pemberitahuan kepada BPD dan menyampaikan kalau hari ini ada penyaluran di Bank Sampang, maka dari itu saya mewakili rekan-rekan Anggota BPD yang lain hadir untuk memantau langsung proses penyalurannya. Alhamdulillah KPM yang hadir sesuai dengan daftar yang sudah ditetapkan pada Musdes sebelumnya tanpa ada yang diwakilkan.” Tutur Mamak.

Mamak juga menyampaikan jika tidak 100% KPM yang terdaftar hadir pada penyaluran saat ini, hal itu dikarenakan ada beberapa KPM yang terkendala oleh faktor kesehatan.
“Ada beberapa KPM yang tidak hadir pada pencairan hari ini, dilaporkan oleh Kepala Dusunnya jika KPM tersebut berhalangan karena sakit atau faktor usia. Akan tetapi Pemdes Bancelok berkomitmen untuk menfasilitasi dan mengkoordinasikan dengan pihak Bank kiranya dapat turun langsung kepada KPM secara _door to door_ bersama pihak Bank. Menurut saya ini langkah yang tepat dan saya mengapresiasi dan berterimakasih kepada Pemdes terkait langkah ini sehingga warga benar-benar terfasilitasi.” Tutup Mamak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *