PANGKALAN TNI AL (LANAL) BATUPORON LAKSANAKAN UPACARA PERINGATAN HUT TNI AL KE-78

TNI / Polri214 Dilihat

BANGKALAN, TRETAN.news – Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI Angkatan Laut Ke-78 tahun 2023, Palaksa Lanal Batuporon Mayor Laut (P) Nursalim., memimpin langsung jalannya upacara di Lapangan Mako Lanal Batuporon Jalan Mawar No 33, Kec. Kamal, Kab. Bangkalan Madura, Senin (11/09/2023).

Upacara peringatan HUT Ke-78 TNI AL tahun 2023, di bawah Komandan Upacara Lettu Laut (E) Irawan Purnomo, diiukuti oleh peserta upacara yang terdiri dari Pleton Perwira, Pleton Bintara/Tamtama dan PNS Lanal Batuporon. Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Laut yang diperingati setiap tanggal 10 September kali ini mengusung tema “Dengan Semangat Jalasveva Jayamahe, Terus Melaju Untuk Indonesia Maju” digelar secara sederhana dan khikmat.

Dalam amanat Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) TNI Yudo Margono yang dibacakan oleh Palaksa Lanal Batuporon Mayor Laut (P) Nursalim., mengatakan bahwa TNI Angkatan Laut selalu siap siaga menjaga kedaulatan negara di laut, menegakkan hukum dan keamanan diseluruh perairan Indonesia sekaligus menjadi salah satu alat diplomasi militer yang efektif pada tataran internasional.

Lebih lanjut Panglima TNI menjelaskan bahwa, TNI Angkatan Laut juga secara aktif terlibat dalam berbagai Operasi Kemanusiaan di dalam dan luar negeri. Pada level regional, TNI Angkatan Laut memiliki peran sentral dalam menjaga stabilitas maritim di kawasan. Saat ini situasi dunia berubah sangat cepat dan dinamis setelah pandemi Covid-19 mereda, disaat ini sedang berusaha memulihkan diri dari krisis pangan, krisis energi, dan krisis finansial.

Di sisi lain, kita juga dihadapkan dengan situasi krisis keamanan di kawasan regional, fenomena munculnya aliansi militer baru yang diiringi dengan perlombaan teknologi persenjataan, serta dampak perang Rusia – Ukraina yang semakin mengkhawatirkan. Perkembangan lingkungan strategis tersebut tidak hanya berdampak pada stabilitas politik dan keamanan global namun juga turut mempengaruhi stabilitas perekonomian dunia saat ini guna menghadapi situasi tersebut, TNI Angkatan Laut sebagai bagian tidak terpisahkan dari Tentara Nasional Indonesia.

Panglima TNI menekankan agar selalu menjaga marwah TNI Angkatan Laut dan kehormatan Prajurit Jalasena Samudera, dengan selalu menjaga profesionalisme dan ketangguhan kalian dalam bertugas. Jadilah Prajurit Jalasena yang selalu dicintai rakyat dan mencintai rakyat. Ingatlah, menjadi Prajurit Jalasena Samudera merupakan “Panggilan jiwa untuk berbakti kepada Bangsa dan Negara di jalan pengabdian yang penuh dengan kebanggaan dan kehormatan,” tegas Panglima TNI.

Usai pelaksanaan upacara HUT TNI AL Ke- 78 tahun 2023, dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Palaksa Lanal Batuporon yang diberikan kepada prajurit termuda Lanal Batuporon, Kls Jas R.B Sultan Ansharullah W.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *