Kepala Desa Kalipadang Gelar Kirab Budaya Sedekah Bumi di Balai Desa Kalipadang

Berita, Daerah, Pemerintah125 Dilihat

Gresik, Tretan.news – Pemerintah Desa Kalipadang baru pertama kali ini menggelar syukuran kirab budaya sedekah bumi.

Kirab budaya Sedekah Bumi dimeriahkan dengan arak-arakan tumpeng raksasa yang di bawa oleh masyarakat Desa Kalipadang dengan membawa gunungan tumpeng raksasa yang berisikan bermacam-macam hasil panen bumi yang di bawa oleh warga desa Kalipadang, Kecamatan Benjeng.

Selain arak-arakan Gunungan tumpeng raksasa yang dibawa oleh warga masyarakat Desa Kalipadang menuju ke kantor balai Desa Kalipadang, acara Kirab budaya Sedekah Bumi Desa Kalipadang juga dimeriahkan oleh Pagelaran wayang kulit siang malam dengan menghadirkan Dalang Ki Sarwoedi dari Mojokerto mengambil lakon Mudune Wahyune Wisnu( Turunnya Wahyunya Wisnu).Sabtu.(2/9/2023).

Bersih Desa tersebut baru kali ini diselenggarakan di kantor balai desa kalipadang.

Namun di setiap dusunnya selalu diadakan tiap tahunnya syukuran kirab budaya Sedekah Bumi, di momen kali ini untuk acara syukuran di gelar di Balai Desa Kalipadang dan diikuti Dusun-dusun yang ada di desa Kalipadang.

Tujuan dari diselenggarakannya kirab budaya Sedekah Bumi ini, yaitu bentuk rasa syukur kita semua warga masyarakat Desa Kalipadang atas segala bentuk nikmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita semua.

Selain itu Pemerintah Desa (Pemdes) Kalipadang ingin membersihkan efek negatif di wilayah Desa Kalipadang dan dengan sedekah bumi ini agar mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Kata Kepala Desa (Kades) Kalipadang Candra Prastyo Suwandi.

Selain itu juga, Kades Kalipadang yang akrab dengan sapaan mas Candra, ini juga Menjelaskan,” Melalui bersih desa, masyarakat bisa semakin tenteram dan tidak ada halangan suatu apa pun. Selain itu juga semoga masyarakat Desa Kalipadang selalu dalam lindungan Allah SWT dan diberikan kesehatan, kelancaran dan kemudahan rezeki yang barokah, melimpah, Dan selain itu juga, dengan diadakannya syukuran kirab budaya Sedekah Bumi ini, juga bertujuan untuk mempererat dan menambah tali silaturahmi antar warga masyarakat Desa Kalipadang, dan juga untuk menumbuhkan semangat gotong royong antara warga dusun satu dengan dusun yang lainnya. “Alhamdulillah, agenda bersih desa kali ini berjalan lancar dan aman” terang Kades,” Ungkapnya.

Masih Candra, dirinya juga Menuturkan,” Suksesnya agenda bersih desa ini tak lepas dari kerja sama panitia, mulai unsur tokoh masyarakat, perangkat desa, beserta unsur BPD, RT/RW DAN Karangtaruna serta seluruh elemen masyarakat Desa Kalipadang.

” Alhamdulillah Antusiasme masyarakat Desa Kalipadang dalam memeriahkan agenda bersih desa sangat tinggi. “Terima kasih untuk panitia dan masyarakat Desa Kalipadang, sehingga agenda bersih desa berjalan dengan lancar dan sukses serta kondusif,” Pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *