Hadiri Sedekah Bumi Desa Kemangi, Wabup Gresik Apresiasi Pemdes Yang Nguri-Nguri Budaya Lokal

Berita, Daerah130 Dilihat

Gresik, tretan.news – Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, menghadiri gelaran sedekah bumi di Desa Kemangi, Selasa (23/10). Saat menghadiri acara tersebut, wabup mengapresiasi pemerintah desa karena telah nguri-nguri (melestarikan) budaya jawa di tengah era modern.

“Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Desa Kemangi yang telah menjaga tradisi jawa yang saat ini telah bernuansa islami. Karena dulu sebelum islam masuk sedekah bumi masih identik dengan hal-hal yang kurang positif,” paparnya.

Ini juga menunjukkan bahwa Desa Kemangi adalah desa yang guyub dan saling gotong royong. Acara ini juga menghadirkan Kepala Dinas PMD Abu Hasan, Camat Bungah Izzul Muttaqin, Pemangku Ponpes Qomaruddin Bungah KH. Ala’udin, Ketua AKD Bungah Sodiqin, Jajaran Perangkat Desa Kemangi, tokoh masyarakat Kemangi, serta seluruh warga Desa Kemangi.

Perlu diketahui, sedekah bumi kali ini juga berbarengan dengan momen Re-Lauching wisata Twin Lake atau Telaga Sharma Desa Kemangi.

Bu Min menyebutkan, wisata ini perlu terus bersinergi dengan banyak pihak agar terus berkembang. Untuk itu, pemerintah desa sebagai eksekutor harus bergerak secara dinamis menggandeng pemerintah daerah.

“Desa Kemangi ini menjadi salah satu desa di Gresik dengan tatanan yang rapi. Maka, saya berharap dapat terus bersinergi dengan kecamatan dan pemerintah daerah agar potensi yang ada di sini maksimal, terutama sektor wisata,” ujar Bu Min.

Kepala Desa Kemangi Akhmad Yusuf, juga menyebutkan momen sedekah bumi kali ini menjadi hal baik untuk tempat wisatanya.

“Pada momen Sedekah Bumi ini kita juga minta doanya, karena center bisnis kita yaitu wisata Telaga Sharma atau Twin Lake Desa Kemangi ini kembali dibuka,” katanya.

Menurut Kades Yusuf, keberhasilan dalam membangun wisata ini atas dukungan warganya. Sehingga Kemangi dapat menjadi desa mandiri dengan segala macam potensi yang dimiliki. Selanjutnya, dia mentargetkan Kemangi mengusung konsep digitalisasi desa untuk menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan informasi.

“Ini adalah hasil dari keterlibatan warga Kemangi. Tahun depan kita akan targetkan Kemangi menjadi desa digital di Gresik.” tuturnya.

Sebagai informasi, Wisata Twin Lake Desa Kemangi berhasil menduduki 300 besar desa wisata dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2023 dari 7.275 desa wisata di Indonesia. Kades Yusuf menyebutkan bahwa ini akan menjadi spirit baginya dan warga Kemangi untuk tetap konsisten mengembangkan potensi wisata di desanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *