UPT Resource Center Gresik Wilayah Selatan I, Upaya Pastikan Anak Berkebutuhan Khusus Dapatkan Layanan Pendidikan Yang Setara

Sosial367 Dilihat

Gresik, tretan.news – Pemerintah Kabupaten Gresik meresmikan layanan transformasi pendidikan berkebutuhan khusus, melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Resource Center Gresik wilayah selatan I Kecamatan Wringinanom.

UPT Resource Center Gresik ini, dihadirkan sebagai upaya dalam rangka pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas dalam bidang pendidikan di Kabupaten Gresik. Tidak hanya pemerintah, diresmikannya UPT Resource Center Gresik wilayah selatan I ini juga mendapat dukungan PT. Garuda Food Putra Putri Jaya Tbk.

“Kami di Kabupaten Gresik tidak mau membeda-bedakan mengenai pendidikan disabilitas. Kami sadar betul bahwa semuanya adalah warga masyarakat Gresik, dan punya hak yang sama dalam pendidikan. Karenanya, melalui UPT Resource Center Gresik kami memaksimalkan kewenangan yang kita miliki untuk memastikan anak-anak spesial di Kabupaten Gresik bisa tetap mendapatkan pelayanan pendidikan,” tegas Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah saat membuka secara resmi UPT Resource Center Gresik wilayah selatan I, Rabu (01/11).

Melalui UPT Resource Center Gresik, anak-anak yang tidak terjangkau oleh SLB dan sekolah umum bisa mendapatkan dukungan. Wabup juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama tanpa membeda-bedakan anak dalam pendidikan.

“Saya mengajak semua pihak di Kabupaten Gresik untuk bersama-sama memastikan keterjangkauan pendidikan masyarakat. Dengan adanya UPT Resource Center Gresik di Wringinanom, semoga memudahkan anak-anak yang spesial ini dalam mendapatkan pelayanan,” sambungnya.

Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Timur diwakili oleh Dr. Rizqi juga memberikan apresiasi kepada Pemkab Gresik. Menurutnya, ini sejalan dengan transformasi pendidikan khusus dari Kemendikbudristek RI.

“Pendidikan itu harus memperhatikan tumbuh kembang siswa. Tidak boleh membeda-bedakan kondisi anak, semuanya harus mendapatkan perhatian yang sama. Yang sering terjadi, banyak anak-anak berkebutuhan khusus tidak bisa bersekolah karena sekolahnya tidak bisa melayani. Karenanya tekad Pemkab Gresik ini sejatinya memastikan semua anak mendapatkan pendidikan yang setara,” pungkasnya.

Sebelumnya, UPT Resource Center Gresik juga meresmikan layanan transformasi pendidikan berkebutuhan khusus di Sangkapura Bawean. Rencananya, layanan serupa akan diresmikan juga di Gresik wilayah utara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *