Tumpeng Gunungan 1000 Bandeng Jadi Icon Sedekah Bumi Desa Tambak Beras

Berita, Budaya, Daerah372 Dilihat

Gresik, Tradisi Sedekah Bumi Desa Tambak Beras Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik pada hari ini, Sabtu, (16/09/2023) pagi, menggelar Kirab Tumpeng 1000 Bandeng yang diarak keliling Desa.

Tumpeng raksasa yang berisikan ikan bandeng serta berbagai macam sayuran dan buah buahan diarak warga yang start di mulai dari Dusun Gunting menuju gedung serba guna Desa Tambak Beras yang kemudian di bagikan ke warga dan pengunjung yang hadir.

Acara Sedekah Bumi Desa Tambak Beras yang begitu meriah tersebut dihadiri oleh jajaran Forkopimcam Cerme (Camat H. Umar Hasyim, Kapolsek Iptu Andik Asworo dan Danramil Kapten Inf. Toyip), Kepala UPT Puskesmas Cerme, Kabid KBPPPA Kabupaten Gresik, Kades Tambak Beras Wahyudi SE., beserta seluruh perangkat desa, Ketua BPD, Tokoh Agama dan juga Tokoh Masyarakat. Tampak hadir pula kepala sekolah MI dan SD Tambak Beras, penyuluh pertanian serta Asosiasi Kepala Desa Cerme.

Dalam sambutannya Kades Tambak Beras Wahyudi SE. Mengucapkan beribu ribu terimakasih kepada seluruh masyarakat yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan sedekah bumi 1000 Bandeng yang telah diadakan pada hari ini sehingga acara sedekah bumi ini bisa berjalan dengan baik, ujarnya.

Kegiatan Sedekah Bumi Desa Tambak Beras ini merupakan kegiatan rutin kita setiap tahun yakni kegiatan kirab tumpeng 1000 Bandeng yang akan menjadi icon tetap dan akan terus dilaksanakan setiap tahunnya.” Kegiatan Sedekah Bumi Kirab tumpeng 1000 Bandeng ini akan terus kita pertahankan karena tradisi sedekah bumi ini merupakan kegiatan kearipan lokal yang harus terus kita lestarikan,” ungkap Kades Tambak Beras Wahyudi.

Wahyudi berharap semoga dengan kita tetap melestarikan tradisi budaya ini kita semua masyarakat Desa Tambak Beras selalu diberikan oleh Allah SWT kesehatan dan diberikan rizki serta hasil bumi baik pertanian maupun pertambakan yang melimpah sehingga ditahun selanjutnya kita bisa mengadakan kegiatan sedekah bumi ini dengan lebih meriah lagi, harapnya.

Sementara Camat Cerme H. Umar Hasyim bersama seluruh jajaran Forkopimcam mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh masyarakat Desa Tambak Beras yang masih melestarikan tradisi budaya sedekah bumi yang merupakan peninggalan leluhur kita terdahulu.

“Arak arakan tumpeng 1000 bandeng dan penampilan warga dengan menggunakan kostum berbagai budaya adat yang ada di Indonesia menunjukkan kerukunan dan keguyuban warga masyarakat desa Tambak Beras” ujar camat Umar Hasyim.

Semoga dengan tetap melestarikan tradisi budaya ini masyarakat Desa Tambak Beras semakin maju semakin makmur dan dengan adanya tumpeng 1000 bandeng ini warga masyarakat yang memiliki tambak mendapatkan hasil panen ikan bandengnya bisa lebih besar besar dan melimpah, tutupnya.

Min/red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *