Tebarkan Kebaikan Bulan Maulid, RSIA Hikmah Sawi Berikan Santunan Anak Yatim

Berita, Budaya, Religi348 Dilihat

BANGKALAN, tretan.news – Bulan Maulid menjadi momentum yang baik untuk menjalankan beberapa amalan salah satunya adalah sedekah. Di bulan kelahiran baginda nabi Muhammad SAW ini, RSIA Hikmah Sawi menyelenggarakan acara santunan anak yatim, Kamis (28/9/2023). Sebanyak 70 orang anak yatim dikumpulkan untuk bersama-sama memperingati kelahiran nabi Muhammad SAW.

Kegiatan santunan kepada anak-anak yatim ini sebagai bentuk kepedulian sosial kepada mereka yang membutuhkan. Mengingat, baginda nabi Muhammad seorang yatim sejak dalam kandungan.

Dimulai pukul 07.00 WIB, dr Raudatul Hikmah selaku Direktur RSIA Hikmah Sawi mengawali dengan salam, doa dan salawat bersama anak-anak yatim, kemudian memberikan sambutan kepada mereka.

“Setiap satu salam kepada Rasulullah, kita akan mendapatkan 10 kebaikan dari Allah. Bahagia selalu ya. kalian ini adalah anak-anak kami juga, jangan pernah bersedih meskipun bapak atau ibu kalian sudah tiada. Kalian anak-anak hebat, anak kuat semoga Allah selalu memberkahi kalian semua, doa terbaik untuk kalian semuanya,” ucapnya sambil memeluk satu persatu anak yatim.

Menurutnya, kegiatan santunan dilakukan setiap bulan. Namun, kali ini berbeda karena moment maulid nabi. Terkadang, pihaknya mengajak jalan jalan anak-anak yatim ke tempat wisata. Intinya agar anak yatim terhibur. Secara ekonomi, banyak dari anak-anak yatim yang di bawah standar hidup.

“Kita berusaha menghibur untuk moment tertentu. Apalagi, hari ini perayaan maulid nabi, rasulullah sangat menyayangi anak yatim,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu bersama staf RSIA Hikmah Sawi, Penasehat RSIA Hikmah Kolonel CPM Mohammad Sawi menjelaskan bahwa kegiatan santunan sudah menjadi agenda tahunan di RSIA Hikmah Sawi. Dengan harapan, yang hadir memiliki sifat dermawan, sikap peduli terhadap sesama, serta menyayangi anak yatim. Apalagi, di bulan Maulid ini adalah bulan kelahiran baginda Nabi Muhammad yang merupakan anak yatim.

“Kegiatan ini sudah berjalan bertahun-tahun, karena ini merupakan perintah Allah untuk menyantuni mereka hingga akil baligh, sedangkan mereka merupakan kehendak Allah. Menjadi wajib, kalau keluarga besar RSIA Hikmah Sawi turut menggembirakan hati anak-anak Yatim,” jelasnya.

Adapun bentuk santunan yang diberikan kepada mereka berupa buket berisi uang, alat sekolah, snack ringan, dan makanan yang disukai anak. Menurut Sawi, yang dikedepankan adalah nilai kepedulian dan kasih sayang kepada anak-anak yatim.

“Buket kami serahkan kepada mereka, terlihat mereka dengan senyum bahagia dan kami pun turut bersuka cita,” terangnya.

Acara ini ditutup dengan makan bersama dengan anak-anak yatim. Diakhiri dengan hiburan sulap badut, mereka terlihat bahagia. Sebuah kebahagiaan untuk RSIA Hikmah Sawi juga bisa berbagi kemanfaatan untuk anak yatim. (Sofyan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *