Sosialisasi TNI AL Kepada Masyarakat Gili Genting, Prajurit Lanal Batuporon Seberangi Pulau

Sosial, TNI / Polri224 Dilihat

Batuporon, tretan.news – Staf Potensi Maritim (Spotmar) Lanal Batuporon dibawah pimpinan Lettu Mar Suyono melaksanakan kegiatan Sosialiasi dan Bakti Sosial berupa pemberian 50 paket sembako dan _Life Jacket_ kepada masyarakat nelayan Desa Ban Baru, Kec. Gili Genting, Kab. Sumenep, Madura. Jum’at (22/09/2023)

Kegiatan yang dimotori oleh Dispotmaral diikuti lebih dari 75 peserta dari masyarakat nelayan Desa Ban Baru dan prajurit Lanal Batuporon, menindaklanjuti perintah Kasal, Laksamana TNI Muhammad Ali untuk menjaga kepercayaan negara dan rakyat, TNI Angkatan Laut dimanapun berada dengan kerja nyata harus bermanfaat bagi institusi, masyarakat dan bangsa Indonesia.

Dalam sambutan Komandan Pangkalan TNI AL Batuporon, Letkol Laut (P) Imam Ibnu Hajar, S.E., M. Tr. Opsa., yang dibacakan Pasintel Lanal Batuporon Kapten Mar Ali Sumanggar, menyampaikan banyak terimakasih kepada Camat Gili Genting serta Klebun Ban Baru bersama warga atas sambutan hangat kepada rombongan kami dari Batuporon.

“Perlu di ingat bahwa, laut kita ini luasnya 2/3 dari wilayah darat, itu artinya sumber daya hayati dan ekosistem laut benar-benar harus kita lestarikan demi menjaga masa depan anak cucu kita nantinya.

Produksi perikanan laut dari hasil tangkapan ikan yang didaratkan pada tempat Pendaratan Ikan Tradisional (PIT) tersebar di 26 Provinsi di Indonesia, pengguna alat tangkap ramah lingkungan 99,5 persen, yang tidak ramah lingkungan kurang dari 0,5 persen,”

Dengan demikian, dari 830 ribu alat tangkap ikan tersebut, terdapat 4000-an pengguna yang merusak atau tidak ramah lingkungan, inilah yang akan menyebabkan kerusakan sumberdaya dan lingkungan di laut, khususnya ekosisem terumbu karang,” ungkap Pasintel.

“Oleh karena itu, nanti akan disosialisasikan oleh Paspotmar Lanal Batuporon, Lettu Mar Suyono selaku pemateri terkait Kemanan Laut (Kamla) dan Alat Tangkap Ramah Lingkungan (ATRL) kepada para peserta sekalian,

Karena kelestarian dan kelangsungan biota laut yang ada di dalamnya adalah tanggung jawab kita bersama, oleh karena itu jika kita merusaknya sama dengan merusak rumah kita sendiri,” imbuhnya.

Mudah-mudahan kegiatan pada hari ini diberikan kelancaran dan membawa manfaat bagi kita semua, khususnya masyarakat nelayan yang berada di Pulau Gili Raja, pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan antara lain, Pasintel Lanal Batuporon Kapten Mar Ali Sumanggar, Pjs Paspotmar Lanal Batuporon Lettu Mar Suyono, Muspika Kec. Gili Genting, Bapak Trio Sumantri bersama 3 perwakilan dari HCML, Saka Bahari Dewaruci binaan Lanal Batuporon serta masyarakat Desa Ban Baru, Kec. Gili Genting, Kab. Sumenep.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *