Sah! Jenderal Agus Subiyanto Resmi Jadi Panglima TNI Gantikan Laksamana Yudo Margono

TNI / Polri683 Dilihat

JAKARTA, tretan.news – Jenderal  Agus Subiyanto hari ini resmi menjabat Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggantikan Laksamana Yudo Margono yang akan memasuki usia pensiun.

Upacara pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, pukul 08.30 WIB. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin langsung pelantikan tersebut, Rabu (22/11/2023).

Pelantikan dilakukan berdasarkan Petikan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor: 102-TNI Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI yang ditetapkan di Jakarta tanggal 22 November 2023.

Sebelum dilantik, Presiden Jokowi menanyakan kesediaan Agus Subiyanto dan mengikuti ucapannya dalam sumpah jabatan sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia.

Selanjutnya dengan panduan Presiden Jokowi, Jenderal Agus mengucapkan sumpah jabatannya untuk selalu setia kepada UUD 1945 dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti kepada bangsa dan negara.

“Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ujar Agus, mengikuti Presiden Jokowi mendiktekan sumpah jabatan.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” imbuhnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengangkatan sumpah jabatan. Agus Subiyanto menggantikan Jenderal TNI Laksamana Yudo Margono yang akan memasuki usia pensiun.

Selain itu, kegiatan tersebut juga dirangkai juga dengan melantik Keanggotaan Dewan Pimpinan Pusat dan Dewan Pertimbangan Pusat Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).

Sebelumnya Komisi I DPR menyepakati Jenderal Agus Subiyanto, sebagai Panglima TNI baru, menggantikan Laksamana Yudo Margono. Keputusan ini disepakati setelah uji kelayakan dan uji panglima TNI yang digelar (13/11/2023).

Kemudian pada Rapat Paripurna DPR RI menyetujui laporan Komisi I DPR RI terkait pengangkatan Agus tersebut.

Dilansir CNBC Indonesia, Sebelum menjadi panglima TNI, Agus menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) yang dilantik Presiden Jokowi, pada Kamis (25/10/2023), menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman yang memasuki usia pensiun.

Agus juga pernah menjabat sebagai Wakasad. selain itu, ia juga menempati sejumlah jabatan strategis antara lain Dandim 0735 Surakarta, Danrem 061 Suryakancana, Danpaspamres, dan Pangdam III Siliwangi.

Agenda pelantikan tersebut disaksikan oleh sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM), di antaranya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia Mahfud MD, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Turut hadir, Ketua DPR RI Puan Maharani dan Wakil Ketua DPR Dasco serta Rachmat Gobel, serta Hadir pula Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono.

Hadir juga, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *