Polres Situbondo Bersama Kodim dan Pemkab Gelar Apel Siaga Penanggulangan Bencana

TNI / Polri167 Dilihat

SITUBONDO, tretan.news – Polres Situbondo Polda Jatim bersama instansi terkait menggelar Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam Kabupaten Situbondo, Kamis (16/11/2023) di Halaman Mapolres Situbondo.

Apel dipimpin oleh Wakapolres Situbondo Kompol I Made Prawira Wibawa S., S.T., S.I.K., M.I.K. yang dihadiri oleh Kepala BPBD Sruwi Hartanto, S.Pd., M.M., Kasatpol PP Sopan Efendi, S.STP., M.Si., Kepala Dinas Sosial Ir. Timbul Surjanto, M.M, Pejabat Utama Polres Situbondo, Kapolsek bersama Danramil Jajaran serta Perwira Staf Kodim 0823 Situbondo. Sedangkan peserta apel ada gabungan dari Polres Situbondo, Kodim 0823 Situbondo, Tagana, BPBD.

Pada apel tersebut, Kompol I Made Prawira Wibawa membacakan amanat dari Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, S.H., S.I.K., M.H. yang menekankan bahwa penyelenggaraan Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam tersebut sebagai bentuk kewaspadaan dalam menghadapi bencana.

Penanggulangan bencana harus dilakukan secara terkoordinasi dan kerjasama terpadu yang tidak hanya melibatkan Pemerintah saja bahkan seluruh lapisan masyarakat, Swasta , dan Relawan. Semua Intansi terkait, Relawan dan Masyarakat punya peran penting dalam penanggulangan bencana di Wilayah Kabupaten Situbondo sesuai Tugas Pokok dan Fungsi masing-masing, jadi semua terpadu dan berkesinambungan.

“Semua personil Instansi terkait harus mengetahui wilayah yang berpotensi bencana, kemudian segera melaporkan, agar cepat ditangani, sehingga dapat meminimalisir banyaknya korban, baik materil atau bahkan nyawa manusia,” jelasnya.

Lebih lanjut, Kompol I Made Prawira Wibawa menyampaikan beberapa penekanan yang perlu diperhatikan seluruh anggota dalam kesiapan penanggulangan bencana alam diantaranya jalin kerjasama antar Instansi terkait dengan sebaik-baiknya, dan adakan pembagian tugas yang jelas apabila menghadapi Bencana Alam di Wilayah Kabupaten Situbondo. Kemudian persiapkan peralatan yang memadai dan tempatkan mekanisme yang bisa mengoperasikan peralatan, misalkan ada kejadian bencana alam sudah siap sehingga mendapatkan hasil yang optimal dalam pelaksanaan tugas di lapangan.

“Intinya dalam Penanggulangan Bencana Alam adalah kerja sama dan sinergitas seluruh Instnasi terkait, kesiapan personil dan juga kesiapan sarana prasarana sehingga tugas dilapangan bisa dilaksanakan dengan cepat dan tuntas serta meminimalisir korban jiwa” tutupnya.

Dalam apel tersebut, Wakapolres bersama Kepala BPBD, Kasatpol PP dan Kepala Dinas Sosial melakukan pengecekan personel dan kelengkapan peralatan tanggap bencana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *