Pemdes Batoporo Barat Disampang Terima Bantuan Alat Gryer Box Ginger Dari Bem Poltera

Sampang,tretan.news -Pemerintah desa (Pemdes) Batoporo barat terima bantuan sebuah alat teknologi tepat guna gryer box ginjer dari Badan Eksekutif Mahasiswa (Bem) politeknik Madura (Poltera). Sabtu (2/12/23).

Alat teknologi gryer box ginjer tersebut diserahkan langsung oleh ketua pelaksana, Siska Dewi Maharani kepada tokoh masyarakat setempat, Ribut yang disaksikan langsung oleh penjabat kepala desa, Hasan dan dilanjutkan penandatanganan kerjasama dikantor desa Batoporo barat kecamatan kedungdung kabupaten sampang Madura.

Tak hanya itu, hadir juga ketua dan anggota BPD, Bidan desa, seluruh kepala dusun, karang taruna the brilliant, pemuda hingga para petani jahe serta tokoh agama desa Batoporo barat.

Berdasarkan pantauan awak media dilokasi, sebelum penyerahan poltera juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat cara penggunaan alat teknologi tepat guna dryer box ginjer dan fitur- fitur dan manfaat yang ada didalam alat tersebut.

Saat memberikan sambutan Siska Dewi Maharani selaku ketua koordinator kegiatan ini menyampaikan kegiatan ini merupakan program pemberdayaan masyarakat desa (P2MD) oleh bem poltera 2023.

“Pemberdayaan masyarakat dengan alat teknologi tepat guna gryer box ginger ini guna untuk membantu masyarakat dalam pengelolaan jahe untuk menunjang perekonomian masyarakat Batoporo barat,”Ucapnya.

Siska kerap sapaan nya itu juga menjelaskan manfaat dari alat tersebut Sebagai alat pengering jahe yang memperhatikan sisi ergonomis dan standar produksi pengeringan jahe yang higienis dan juga agar masyarakat mengetahui tentang menjaga ke-higienisan jahe hingga sampai ke tangan konsumen atau sampai ke pengolahan produk-produk jahe dengan menggunakan alat Dryer Box Ginger.

“ DRYER BOX GINGER merupakan alat yang digunakan untuk mengeringkan jahe dan mengurangi kadar air pada jahe sehingga fungsi utama pengeringan jahe bisa dicapai.”Jelasanya.

Pihaknya juga menambahkan keunggulan dari Dryer Box Ginger menggunakan sistem panas dari heater juga memiliki manfaat lebih ramah lingkungan, tidak bergantung cuaca, tidak memerlukan tempat yang luas, serta waktu pemanasan dan suhu yang bisa diatur secara otomatis sesuai dengan keinginan.

“Semoga dengan alat ini masyarakat bisa terbantukan, dan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Batoporo barat khususnya di bidang jahe ini,”Tandasnya.

Sementara penjabat kepala desa Batoporo barat, Hasan menyampaikan banyak terima kasih kepada Bem poltera Madura yang sudah aktif dalam membantu meningkatkan perekonomian warga masyarakat Batoporo barat.

Tak hanya itu menurut Hasan, poltera Madura sudah melakukan pembelajaran kepada masyarakat agar lebih meningkatkan perekonomian tersebut sejak tahun 2022 sampai 2023 ini.

“Sehingga diakhir 2023 ini poltera Madura dengan bukti nyata memberikan bantuan alat tepat guna dryer box ginjer ini yang di serahkan melalui pemerintah desa yang akan diberikan kepada masyarakat,”Ujarnya.

Lebih lanjut Hasan, berjanji akan terus menjaga alat ini agar betul-betul bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dan juga perekonomian masyarakat meningkat.

“Kami selaku pemerintah desa mengucapkan banyak terima kasih kepada poltera Madura, Batoporo barat raih juara 3 anugerah patriot jawi Wetan 2023 didalam nya juga ada peran serta dan kolaborasi dari poltera Madura,”Pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *