Operasi Mantap Brata Semeru Digelar, Polres Situbondo Siap Kawal Pemilu 2024

TNI / Polri124 Dilihat

SITUBONDO, tretan.news – Polres Situbondo Polda Jatim melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata Semeru 2023-2024 bertempat dihalaman Mapolres Situbondo, Selasa (17/10/2023)

Apel dipimpin oleh Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, S.H., S.I.K., M.H. yang dihadiri Sekda Wawan Setiawan, S.H., M.H., Pasi Ops Kodim 0823 Kapten Inf Agus Soebagyo, Dansubdenpom V/3-5 Situbondo Kapten Cpm Koesna, Kepala Bakesbangpol Buchori, S.E.T., Ketua KPU Marwoto, S.E., Ketua Bawaslu Ahmad Faridl Ma’ruf, S.Ag., Sekretaris dan Kasi Linmas Satpol PP, Pejabat Utama Polres Situbondo serta Kapolsek Jajaran.

Operasi Mantap Brata 2023-2024 ini berlangsung selama 222 hari, yakni 74 hari selama 2023 dan 148 hari selama tahun 2024. Dimulai tanggal 19 Oktober 2023 sampai dengan 20 Oktober 2024 dengan ditandai penyematan pita operasi oleh Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto kepada perwakilan personel TNI, Polri dan Satpol PP.

Dalam arahannya, Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto membacakan amanat Kapolri yang menyampaikan apel gelar pasukan dilaksanakan secara serentak di Seluruh Indonesia, merupakan pengecekan akhir kesiapan personil maupun sarana prasarana Operasi Mantap Brata 2023-2024, sehingga Pemilu 2024 diharapkan dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

Pemilu 2024 adalah pesta demokrasi terbesar yang akan menjadi bukti kematangan demokrasi Indonesia dan sekaligus menjadi titik penentuan masa depan bangsa.

Hal ini sebagaimana penyampaian Presiden Joko Widodo bahwa “Tahun 2024 adalah momen politik yang sangat penting, karena kita menyelenggarakan pesta demokrasi terbesar dan secara serentak dalam tahun yang sama. Ini pekerjaan besar yang sangat menentukan masa depan bangsa kita, masa depan negara kita”. Melihat pentingnya hal tersebut, maka seluruh komponen bangsa tentunya harus berpartisipasi penuh guna menyukseskan Pemilu 2024.

Ada beberapa poin penekanan kepada personil yang terlibat Operasi Mantap Brata 2023-2024 diantaranya :

1. Pastikan kesiapan perlengkapan pribadi, sarpras dan sarana pendukung lainnya,

2. Melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab humanis dan profesional sesuai SOP,

3. Lakukan pengaturan jadwal pengamanan sehingga kesehatan personil selalu dalam kondisi yang prima,

4. Kedepankan komunikasi publik dan upaya cooling system agar masyarakat berpartisipasi penuh dalam mendukung penyelenggaraan pemilu,

5. Tingkatkan sinergitas dan soliditas antar seluruh personel pengamanan maupun stakeholder terkait.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto juga mengajak seluruh komponen masyarakat khususnya di Kabupaten Situbondo untuk berpartisipasi mewujudkan pelaksanakan Pemilu 2024 berjalan dengan aman dan lancar.

“Mari bersama sama kita amankan Pemilu 2024 demi mewujudkan visi Indenesia Emas 2045 yang kita cita citakan bersama,” pungkasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *