Launching Laban Central Park, Bu Min Harapkan Dapat Jadi Pelopor UMKM Berdaya

Daerah, Pemerintah166 Dilihat

Gresik, 10 September 2023 – Dalam rangka mendukung perekonomian warga, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, meluncurkan Laban Central Park Desa Laban, Kecamatan Menganti, Minggu (10/09). Tempat ini akan berwujud taman keluarga dengan dikelilingi puluhan UMKM lokal.

Saat pembukaan, wabup yang akrab disapa Bu Min itu berharap akan kemajuan Desa Laban. Dikatakan Laban Central Park itu akan menjadi tombak peningkatan ekonomi warga sekitar khususnya Desa Laban.

“Kita lihat UMKM disini sangat aktif mulai pagi hingga malam. Maka saya harapkan ini menjadi motivasi dalam memberdayakan sumber daya manusianya,” ujar Bu Min.

Untuk itu, Bu Min menghimbau Pemerintah Desa Laban, agar UMKM yang berjualan dikhususkan hanya untuk warga Desa Laban. Hal ini penting agar perputaran ekonomi dapat terpusat untuk warga Laban.

Perwakilan Kepala Dinas PMD Jawa Timur Fajar Hiendriarto Iriadi menambahkan, peluncuran ini merupakan hasil dari program desa berdaya yang digagas oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Hal ini berdampak pada meningkatnya status Gresik menjadi salah satu kabupaten bebas desa berkembang.

“Tahun 2023 jumlah desa mandiri di Jatim tertinggi nasional, yaitu 2.800 desa mandiri. Di Gresik sendiri ada 222 desa mandiri dan 108 desa maju,” ucap Fajar.

Saat ini program desa berdaya telah dilakukan oleh 3 desa di Gresik, antara lain Desa Laban Kecamatan Menganti, Desa Sidorukun Kecamatan Gresik, dan Desa Pelemwatu Kecamatan Menganti.

Sebagai informasi, agenda ini diikuti oleh Wakil Ketua DPRD III Gresik Mujid Ridwan, Kepala Dinas PMD Abu Hasan, Forkopimcam Menganti, Kepala Desa Laban Hayus beserta jajarannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *