Kepala Desa se-Kabupaten OKU Sumatera Selatan Studi Tiru ke Bumdesma Bungah Mandiri, Mantap…!!!

Berita, Daerah173 Dilihat

GRESIK, tretan.news – Lagi-lagi Bumdesma Bungah Mandiri jadi Jujugan kunjungan dan studi tiru dari berbagai daerah di Indonesia. Kali ini, Kepala Desa se-Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Provinsi Sumatera Selatan dengan penuh antusias menimba ilmu di Bumdesma Bungah yang dikomandani Muhammad Yasin ini.

Rombongan dipimpin langsung oleh Kepala Dinas PMD Kabupaten Ogan Komering Ulu Nanang Nurzaman, S.IP, M.Si dan Ibu Fitriyanti, SH, MM (Kepala Bidang Administrasi Pemerintahan Desa dan Kerjasama Antar Desa Dinas PMD Kabupaten OKU).

Dalam Sambutannya Kepala Dinas PMD Kab. OKU hadir di BUMDESMA Bungah Mandiri dalam rangka studi tiru pengelolaan usaha untuk bisa berkembang juga dalam rangka menimbah ilmu pendirian BUMDESMA (Badan Usaha Milik Bersama) dan PT LKM (Lembaga Keuangan Mikro).

Dalam kunjungan tersebut hadir Camat Bungah Moh. Izzul Mutaqin, S.Ag, Dewan Penasehat & Pengawas serta Direktur beserta Pegawai BUMDESMA Bungah Mandiri.

Camat Bungah dalam sambutan selamat datang menyampaikan terima atas kunjungannya dan mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk pengembangan BUMDesa Se-Kabupaten OKU dan juga BUMDESMA Bungah Mandiri.

Sementara Muhammad Yasin selalu Direktur BUMDESMA Bungah Mandiri dalam paparannya diawali dengan menyampaikan sekilas profil BUMDEMSA Bungah Mandiri mengenai struktur organisasi, permodalan, pembagian alokasi laba juga tentang aset yang dimiliki & laba yang diperoleh dilanjutkan dengan paparan tentang pendirian BUMDesa Bersama dan PT. LKM (Lembaga Keuangan Mikro) yang di bawah pengawasan dan binaan OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

“Setelah paparan dilanjutkan dengan kunjungan ke salah satu mitra binaan (Batik Bangsawan). Terima kasih atas kunjungan Kepala Desa se-Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Provinsi Sumatera Selatan. Semoga bermanfaat,” tandas M Yasin dengan wajah sumringah, Selasa (24/10/2023).

Untuk diketahui, BUMDesma Bungah Mandiri ini berhasil menjadi Pilot projek se-Indonesia, bahkan pernah dikunjungi langsung oleh Menteri Desa Pembagunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Abdul Halim Iskandar.

Saat ini aset yang dimiliki BUMDesma Bungah Mandiri mencapai Rp 10 Miliar lebih, tepatnya Rp 10.492.036.082. Angka ini naik berkali-kali lipat karena pada 2014, aset hanya Rp 2,1 miliar. Bahkan, Bumdesma Bungah Mandiri masuk 7 besar terbaik se-Indonesia sehingga menjadi percontohan Bumdes di tanah air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *