Forkopimda Bangkalan Peringatan HUT Korps Brimob ke-78 dan Polairud ke-73 Melakukan Penanaman Mangrove Bersama di Paesisir Desa Tajungan

Bangkalan, Tretan.News – BENTUK kepedulian terhadap lingkungan, Penjabat (Pj) Bupati Bangkalan Dr. Arief M. Edie, M.Si bersama jajaran Forkopimda Bangkalan melakukan penanaman mangrove bersama di pesisir Desa Tajungan, Kecamatan Kamal pada Kamis, 30 November 2023. Kegiatan ini merupakan bagian dari peringatan HUT Korps Brimob ke-78 dan Polairud ke-73 yang diinisiasi oleh Polres Bangkalan.

Penanaman mangrove ini tidak hanya dilakukan di Bangkalan, tetapi juga di seluruh jajaran Polres yang memiliki wilayah pesisir pantai atau laut di Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh Kapolres Bangkalan, AKBP Febri Isman Jaya, yang mengatakan bahwa penanaman mangrove merupakan salah satu bentuk bhakti institusi Polri pada lingkungan.

“Kami berharap dengan penanaman mangrove ini, kita bisa menjaga ekosistem pesisir dan mencegah abrasi yang merusak pantai. Selain itu, kita juga bisa memberikan kontribusi positif bagi masyarakat sekitar, khususnya dalam bidang pariwisata dan ekonomi,” kata Febri.

Senada dengan Febri, Pj Bupati Bangkalan juga menyampaikan bahwa penanaman mangrove di daerah pesisir memiliki banyak manfaat, baik dari segi lingkungan maupun sosial. Menurutnya, hutan mangrove bisa menjadi obyek wisata yang menarik dan menghasilkan pendapatan bagi masyarakat pesisir.

“Bangkalan ini memiliki banyak potensi dan obyek wisata yang bisa dikembangkan, salah satunya adalah wisata hutan mangrove. Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan hasil laut dan produk olahan laut yang dikelola oleh UMKM. Ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan,” ujar Arief.

Arief juga berharap agar Kepala Desa, terutama yang berada di daerah pesisir, bisa menggerakkan BUMDes-nya untuk mengembangkan sektor pariwisata dan usaha padat karya. Dengan demikian, perekonomian masyarakat bisa meningkat dan kesejahteraan bisa terwujud.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *