Bupati Sampang H. Slamet Junaidi Resmikan Smart Room Centre

Berita257 Dilihat

Sampang, tretan.news -Sebagai wujud keseriusan Pemerintah untuk mewujudkan Kabupaten Sampang sebagai Kota Cerdas (Smart City). Bupati Sampang H. Slamet Junaidi yang didampingi langsung oleh Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat resmikan Smart Room.Rabu (11/10/2023) Pagi.

Smart room center tersebut terletak di kompleks Pendopo Trunojoyo Kabupaten Sampang Madura yang dihadiri atau disaksikan langsung oleh Ketua DPRD Sampang Fadol, Dandim 0828/Sampang Letkol Czi Suprobo Harjo Subroto, Kapolres Sampang AKBP Siswantoro, Kajari Sampang Budi Hartono, Ketua PN Sampang Andri Falahandika Ansyahrul.

Tak hanya itu juga hadir Sekdakab Sampang H. Yuliadi Setiyawan, Ketua Pengadilan Agama Sampang Dr. M. Yusuf, Kepala Kantor Kemenag Sampang H. Abdul Wafi, Tenaga Ahli Kemenkominfo RI Hari Kusdaryanto, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Sampang.

Kepala Diskominfo Sampang Amrin Menyampaikan Smart room ini merupakan Sebagai wujud keseriusan Pemerintah untuk mewujudkan Kabupaten Sampang sebagai Kota Cerdas (Smart City).

Menurutnya dengan keberadaan Smart room ini segala informasi mengenai seputar sampang dengan mudah diketahui adanya layanan dan fasilitas yang sudah di Sediakan.

“Smart Room center ini nantinya sebagai pusat informasi yang akan menambah sederet inovasi pelayanan publik Pemerintah Kabupaten Sampang,” ucap.

Tak hanya itu pihaknya juga mengatakan, bahwa Smart Room dilengkapi dengan fasilitas teknologi yang canggih untuk mempermudah operasional pelayanan publik agar lebih efektif dan efisien.

“Di Smart room ini sudah mengubahkan IoT (Internet of Things) yang bisa terhubung langsung dengan perangkat aplikasi,” ujarnya.

Amrin juga menjelaskan IoT memungkinkan untuk berkomunikasi, mengendalikan dan terhubung dengan perangkat cerdas machine-to-machine dengan menggunakan teknologi internet, konektivitas, sensor dan artificial intelligence.

“mari bersama-sama wujudkan Sampang Hebat Bermartabat sebagai Kota Cerdas,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi mengaku bangga, dalam rangka menyambut era digital dengan mempersiapkan segala fasilitas pendukungnya termasuk Gedung Smart Room.

Gedung tersebut menjadi bukti bahwa Sampang “Dengab adanya ini kabupaten sampang siap menjadi Kota Digital Cerdas (Smart City) yang mendayagunakan segala informasi dan data digital untuk pembangunan dan pelayanan yang lebih optimal bagi masyarakat,” Ungkapnya.

Pihaknya mengapresiasi Diskominfo Sampang yang telah berupaya maksimal mewujudkan Gedung IT representatif dengan dilengkapi Teknologi Internet Of Things (IOT).

Pihaknya meyakini bahwa dengan adanya gedung Smart Room, pelaksanaan operasional kegiatan dan pelayanan publik semakin efisien serta pemanfaatan sumber daya juga lebih optimal.

Di samping meresmikan Gedung Smart Room, pelaksanaan penandatanganan komitmen bersama menuju Sampang Smart City dapatnya dilandasi atas kesadaran begitu besarnya peluang manfaat implementasi konsep smart city.

“Misalnya dalam rangka mendukung terciptanya proses pembangunan berkelanjutan, inklusif, kolaboratif dan sesuai dengan paradigma sustainable development goals (SDG),” ujarnya.

Pihaknya berharap gedung smart room dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin sebagai salah satu warisan selama periode kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Sampang.

“Kami berharap gedung ini menjadi simbol kesiapan Sampang untuk berinovasi secara berkelanjutan, kerjasama yang solid antar OPD harus diimplementasikan agar dapat menjadi trigger memantik terwujudnya Sampang Smart City,” Pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *