Bupati Fandi Akhmad Yani Buka Jambore dan Perkemahan Wirakarya Kwarcab Gresik 2023 Di Pulau Bawean Hari Ini

Pendidikan143 Dilihat

Gresik, tretan.news – Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani membuka Jambore dan Perkemahan Wirakarya Kwarcab Gresik 2023. Kali ini, kegiatan Jambore Pramuka se-Kabupaten Gresik ini digelar di Pulau Bawean, tepatnya di Kecamatan Tambak.

Sebanyak 621 peserta Pramuka dan 95 panitia, bertolak dari Pelabuhan Gresik dengan menggunakan Kapal Perang KRI LST Teluk Banten.

Mengangkat tema Milenial, Agamis, Nasionalis, Trampil, Atraktif, dan Produktif (Mantap), kegiatan jambore ini diselenggarakan 14-17 Oktober 2023.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dalam amanatnya menuturkan, gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok dalam menumbuhkan tunas bangsa yang berkarakter.

Caranya adalah melalui pendidikan kepramukaan yang merupakan proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan.

“Perlu dipahami kita semua bahwa, pendidikan kepramukaan dalam sistem pendidikan nasional termasuk dalam jalur pendidikan nonformal. Pendidikan kepramukaan ini diperkaya dengan nilai-nilai kepramukaan dalam membentuk kepribadian yang berakhlakul mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup,” terang Bupati Yani, Sabtu (14/10).

Dirinya juga menyebut, tema yang diusung dalam kegiatan ini juga sangat sesuai dengan perkembangan era teknologi saat ini. Dikatakan bahwa, penggunaan internet sebagai media komunikasi membawa banyak tantangan baru.

Di antaranya adalah mudahnya penyebaran ideologi yang menyimpang lewat media sosial, kurangnya pengawasan penggunaan teknologi informasi, serta munculnya banyak berita hoaks atau berita bohong melalui media sosial.

Jambore dan Perkemahan Wirakarya ini merupakan pertemuan Pramuka Penggalang, dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka dari tingkat ranting sampai tingkat Kabupaten.

Di dalamnya, terdapat banyak kegiatan yang meliputi kegiatan umum, karya bakti, out bound, Pimpinan Kontingen Daerah (Pinkonda), dan Pembina Pendamping (Bindamping).

Selain Bupati, pembukaan Jambore dan Perkemahan Wirakarya ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati sekaligus Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Gresik Aminatun Habibah. Tampak hadir pula, Dandim 0817 Gresik Ahmad Saleh Rahanar, serta jajaran Eselon II dan Camat se-Kabupaten Gresik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *