AKSI CEPAT REGU PEMADAM KEBAKARAN LANAL BATUPORON PADAMKAN API

Bangkalan, tretan.news – Bertempat di Docking Plan PT Ben Santosa telah terjadi Kebakaran Kapal Kargo Manna 18 yang selesai melaksanakan perbaikan dan kondisi siap operasional. Selasa (19/09/23)

Sekitar pukul 22.15 Wib, Komandan Lanal Batuporon Letkol Laut (P) Imam Ibnu Hajar, S.E., M. Tr. Opsa., menerima laporan dari Perwira Jaga Kapten Laut (K) Sodiq, kemudian memerintahkan Regu PMK Lanal Batuporon dibantu Regu PMK Arsenal bergerak cepat ke lokasi kebakaran di PT BEN Santoso Kamal.

Kapten Laut (K) Sodiq yang memimpin langsung proses pemadaman Kapal Kargo Manna 18 mengatakan “belum diketahui secara pasti apa penyebab kebakaran, namun kebakaran berasal dari kamar mesin dan tangki BBM sehingga menyulitkan jalanya proses pemadaman karena letaknya dibawah dek kapal dan kondisi malam hari”, ujarnya.

“Sekitar pukul 08.00 – 10.35 WIB, alhamdulillah bantuan Tim PMK dari Pemkab Bangkalan dan Dinas PMK Prov Jatim Surabaya datang ke lokasi dan pukul 15.15 Wib berhasil memadamkan kebakaran menggunakan FOAM/Busa. Satu titik yang sudah lebih dari 14 jam terbakar berhasil kita padamkan,” katanya.

Dalam proses pendinginan nanti, personel menggunakan alat yakni _Selt Contained Breathing Apparatus_ (SCBA) dan masing-masing membawa alkon untuk menuju ke titik-titik yang masih mengeluarkan asap dan titik yang perlu pendinginan, saat ini suhu di sekelilingnya masih cukup tinggi. Sehingga, jika tidak ditangani bisa memicu api kembali, apalagi cuaca sangat terik dan angin cukup kencang, pungkas Kapten Laut (K) Sodiq.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran tersebut, namun menurut keterangan pihak PT BEN Santoso kerugian ditaksir diatas 1 milyar rupiah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *