AKBP Siswantoro Pimpin Gelar Apel Pasukan Operasi Mantap Brata Semeru 2023-2024 Di Mapolres Sampang

TNI / Polri77 Dilihat

Sampang, Tretan.News – Kapolres Sampang AKBP Siswantoro S.IK, MH selasa (17/10/2023) pagi pimpin apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata 2023-2024 di lapangan apel Wira Manunggal Wicaksana Mapolres Sampang.

Apel gelar pasukan hadiri Bupati Sampang yang di wakili Asisten I Pemkab Sampang Sudarmanto, Dandim 0828 Sampang yang di wakili Kasdim 0828 Mayor Inf Ahmad Djailani, Kajari Sampang Budi Hartono, SH, M.Hum, dan Ketua Pengadilan Negeri Sampang Andri Falahandika Ansyarul, SH., MH.

Kasat Pol PP Kabupaten Sampang, Kadishub Kabupaten Sampang, Kadinkes Kabupaten Sampang, Kepala BPBD Kabupaten Sampang, Kepala Dinas Damkar Kabupaten Sampang terlihat duduk di kursi undangan bersama Forkopimda serta Komisioner Div Sosdiklikfarmas SDM KPU Kabupaten Sampang Taufiq Risqon, S.Ag dan Ketua Bawaslu Kabupaten Sampang Muhali MH.

Personil Kodim 0828 Sampang, personil Batalyon D Satbrimob Polda Jatim, personil gabungan Polres Sampang dan Polsek jajaran, perwakilan instansi Pemkab Sampang (Satpol PP, Dishub, BPBD dan Dinas Pemadam Kebakaran), perwakilan Sat. Linmas dan perwakilan Satkamling mengikuti apel gelar pasukan yang dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan terakhir kesiapan personil maupun sarana dan prasarana Operasi Mantab Semeru 2023 di Kabupaten Sampang.

Sebelum penyematan pita kepada perwakilan anggota TNI-POLRI dan perwakilan Instansi Pemkab Sampang. Kapolres Sampang AKBP Siswantoro beserta Forkopimda dan tamu undangan melakukan pemeriksaan pasukan Operasi Mantab Semeru 2023.

Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo M.Si dalam amanatnya yang di bacakan Kapolres Sampang AKBP Siswantoro S.IK, MH mengatakan bahwa apel gelar pasukan Operasi Mantab Brata 2023-2024 dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

Kepada peserta apel gelar pasukan, Kapolri menjelaskan bahwa Pemilu 2024 adalah pesta demokrasi terbesar yang akan menjadi bukti kematangan demokrasi Indonesia dan sekaligus menjadi titik penentuan masa depan bangsa.

“Tahun 2024 adalah moment politik yang sangat penting, karena kita menyelenggarakan pesta demokrasi terbesar dan secara serentak dalam tahun yang sama. Ini pekerjaan besar yang sangat menentukan masa depan bangsa kita, masa depan negara kita” kata AKBP Siswantoro saat membacakan amanat Kapolri dalam pel gelar pasukan Operasi Mantab Brata 2023-2024.

Operasi Mantab Brata tahun 2023-2024 akan berlangsung selama 222 hari sejak 19 Oktober 2023 sampai dengan 20 Oktober 2024 yang diikuti 261.695 personil di seluruh Indonesia guna mengamankan seluruh tahapan Pemilu.

Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo M.Si mengatakan sebagai dukungan terhadap Operasi Mantab Brata 2023-2024, Polri juga menggelar Operasi Nusantara Cooling System 2023-2024 untuk membangun narasi besar “Persatuan dan Kesatuan, serta Kemajuan Bangsa Diatas Kepentingan Kelompok” guna mengantisipasi polarisasi akibat berita hoax, isu SARA, propaganda Firehouse Of Falsehood dan Black Campaign yang dilengkapi dengan Satgas Anti Money Politics serta Satgas Pemilu Damai.

Selain itu Kapolri mengatakan dalam Operasi Mantab Brata 2023-2024 akan diiringi dengan penguatan strategi komunikasi publik untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

“Terorisme juga harus menjadi perhatian seirus karena pasa penyelenggaraan Pemilu tahun 2019 terdapat 6 aksi serangan teror dan ini tidak boleh terjadi di Pemilu tahun 2024” lanjut Kapolri dalam amanatnya.

Kapolri memerintahkan jajarannya untuk mengoptimalkan preventive strike agar pelaku teror berhasil di tangkap sebelum melaksanakan aksinya, sehingga kita bisa memastikan tidak ada letupan sekecil apapun pada Pemilu 2024.

Terkait tindak pidana Pemilu, Kapolri memerintahkan jajarannya untuk melakukan koordinasi dan kolaborasi antar pilar sentra Gakumdu agar penanganan pelanggaran serta penyelesaian tindak pidana Pemilu dapat dilakukan secara profesional serta transparan sehingga mendapatkan legitimasi dari masyarakat.

“Mari bersama-sama kita amankan Pemilu 2024, demi mewujudkan visi Indonesia Emas tahun 2045 yang kita cita-citakan bersama. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan perlindungan, kekuatan serta keselamatan kepada kita dalam memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara,” akhir amanat Kapolri dalam apel gelar pasukan Operasi Mantab Brata 2023-2024.

Kapolres Sampang AKBP Siswantoro S.IK, MH melalui Kasi Humas Polres Sampang Ipda Sujianto SH menyampaikan bahwa pelaksanaan apel gelar pasukan Operasi Mantab Brata Semeru 2023-2024 di Mapolres Sampang sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan personil maupun sarpras sehingga Pemilu 2024 dapat terselenggara dengan aman lancar.

Kasi Humas Polres Sampang juga mengatakan bahwa Kapolri menekankan kepada seluruh personil Operasi Mantab Brata 2023-2024 untuk meningkatkan sinergitas dan soliditas karena hal tersebut menjadi kunci utama keberhasilan operasi.

Selain itu Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo M.Si memerintahkan seluruh jajarannya untuk mengedepankan komunikasi publik dan upaya Cooling System agar masyarakat berpartisipasi penuh dalam mendukung penyelenggaraan Pemilu 2024 dan terhindar dari polarisasi.

Ipda Sujianto menyatakan bahwa Polres Sampang dibantu Kodim 0828 Sampang dan seluruh stakeholder terkait siap mengamankan tahapan Pemilu 2024 di Kabupaten Sampang berjalan aman lancar damai dan kondusif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *