Special Acara Bunda Puspa Di Kelurahan Karangturi Gresik

Pemerintah408 Dilihat

Gresik, tretan.news – Kelurahan Karangturi gelar giat Bunda Puspa di gedung serbaguna lantai atas Kelurahan Karangturi jln.Usman Sadar  Kec.Gresik Kab.Gresik.Selasa 04/06/2024.

Program Gresik Seger yang merupakan bagian dari Nawakarsa ,  yakni Bunda Puspa adalah salah satu output kunci dari program tersebut.

Di moment special ini Kepala Kelurahan Karangturi Hasan Doang A.M.g mengatakan ” Suatu kebanggaan tersendiri sejak saya bertugas di sini dari 2012  ,baru kali ini ibu Bupati dan Kepala Dinas KBPPPA Bu dokter berkunjung , apalagi di moment yang special juga program Bunda Puspa , dulu Bunda Paud. kami seluruh warga karangturi antusias sekali dan Kemandirian ekonomi kaum perempuan melalui sektor umkm terus kita dorong .salah satunya melalui Bunda Puspa.
Setiap kegiatan yang ada tentunya berkelanjutan agar bermanfaat bagi masyarakat , semoga warga masyarakat disini semakin maju dan mandiri.” ujarnya. Pukul 09.56 wib.

Kali ini Jaalesvie Camat Gresik yang Baru siap melaksanakan tugas yang diberikan Pemerintah agar masyarakat semakin lebih baik ”
Dari pihak kami kecamatan Gresik , berharap besar ke pelaku usaha perempuan agar dapat terus berinovasi dan berdaya serta berperan sangat besar dalam pembangunan Nasional.” tuturnya.

Dilanjutkan Hj.Nurul mengutarakan bahwa ” Bunda Puspa adalah Program unggulan Di Kab.Gresik , kita membekali para single parent , para kelompok rentan dengan begitu bisa menumbuhkan kekuatan bagi mereka.Kita ciptakan ibu – ibu atau emak – emak yang strong , agar mereka memiliki kebebasan yang berarti bebas dari kelaparan ,kebodohan , ketidak berdayaan dan kesenjangan nantinya akan dibawah keterlibatan oleh Dinas KBPPPA.
Perwmpuan berperan sangat penting bagi roda perekonomian , perempuan juga penting dalam menjaga ketahanan keluarga ,mengatur keuangan , menjadi guru anak – anak juga mengayomi bagi keluarga. Hal itu tugas yang tidak mudah pada kondisi ekonomi yang melemah , kondisi itu membuat perempuan berfikir untuk bisa menghasilkan niali tambah bagi keluarganya.Maka dari itu perempuan harus bisa menangkap berbagai peluang yang ada. Saya harap perempuan- perempuan disini yang harus menjadi terdepan  , ter update untuk anak – anak  generasi terdepan .” paparnya.

Dihadiri langsung Ketua TP – PKK Kab.Gresik Hj.Nurul Haromaini Ali Fandi Ahmad Yani beserta staf , dr .Titik Ernawati Kadis KBPPPA ,Jalesvie Triatmoko SS Camat Gresik beserta istri , Muntadhim Muttaqwa S.Pd ,MM Sekcam Gresik  beserta staf , Lurah Hasan Doang A.M g beserta istri , Nara Sumber Rinta Yusna ST dari Yayasan Nyala Daya Andjana Surabaya , 7 Tim Fasilitator Desa , Budi Siswanto SE Sekkel Karangturi beserta Perangkat Kelurahan dan 30 Peserta KPM.

Diwaktu Yang sama dr.Titik Ernawati Kepala Dinas KBPPPA Gresik menjelaskan ” Alhamdulillah , kita positif thinking saja angka kekerasan pada perempuan dan anak sekarang ada kenaikan sekitar 30 % , naiknya kasus ini harus dilihat dari segi positifnya , banyaknya korban yang melapor . Segala program dan strategi sudah dimaksimalkan seperti sosialisasi dan edukasi yang tepat sudah kita sampaikan dan tepat sasaran dan berjalan lancar, mulai bimbingan konseling dan pendampingan lainnya.Kami terus fasilitasi mulai visum ,pengacara ,psikolog sampai korban normal pulih dari trauma dari sakitnya.” jelasnya .

Sementara itu Acara sedang berlangsung tiba – tiba Kepala Kelurahan Hasan dan Perangkat Kelurahan Karangturi memberikan surprise kepada Ibu Hj.Nurul Haromaini / Istri Bupati Gresik ,yaitu sebuah Kue Ulang Tahun yang membuat haru , bahagia semua yang hadir di acara program pembelajaran Bunda Puspa ( Pemberdayaan Perempuan Usaha ).

Seketika  hj.Nurul (istri Bupati ) mengucapkan ” Terima kasih semua  ya , kejutan yang tidak terduga kok bisa ingat ya hari ini saya ultah saya saja sampai lupa  ,semoga kita semua sukses dan diberkahi Allah SWT .” ucapnya  sambil tiup lilin .

Kemudian acara Bunda Puspa dilanjutkan kembali oleh Nara Sumber Rinta Yusna dari Surabaya .

Ada 8 Desa Lokus program Bunda Puspa di Gresik yang menjadikan perempuan lebih berdaya antara lain Desa Campurrejo Panceng  , Desa Wadeng Sidayu , Desa Bungah ,Desa Duduk Sampeyan , Desa Dadapkuning Cerme , Desa Randu Padangan Menganti , Kelurahan Karangturi dan Desa Pongangan Manyar.

Disisi lain Sekcam Gresik  mengharapkan ” Program Bunda Puspa ini sudah berjalan beberapa tahun lalu dan banyak mencetak perempuan hebat yang luar biasa dan yang diperlukan sekarang adalah kolaborasi dan sinergitas , semoga Kelurahan Karangturi akan memunculkan perempuan hebat selanjutnya .” pungkasnya.(Et)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *