Puskesmas Bersama KUA Kedungdung Gelar Sosialisasi Kelas Catin bagi Calon Pengantin dan Pasangan Muda

Berita, Kesehatan306 Dilihat

Sampang,tretan.news – Untuk mempersiapkan segala hal, termasuk mental pasangan suami istri (pasutri) dalam berumah tangga, Puskesmas Kedungdung Bersama Kantor urusan agama (KUA) Kedungdung menggelar sosialisasi Kelas Calon Pengantin (Catin) bagi calon pengantin dan pasangan muda yang baru menikah.

Acara tersebut digelar dikantor urusan agama (KUA) kecamatan kedungdung, kabupaten sampang madura, yang dihadiri langsung kepala puskesmas kedundung, dr. hilmi Ainul yaqin Syah, Kepala KUA Kedungdung, Tokoh Agama, serta 20 peserta catin pada, Kamis 30/5/24)

Kepala Puskesmas Kedungdung, dr. Hilmi Ainul Yaqin Syah, menyatakan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk mempersiapkan segala hal, termasuk mental pasangan suami istri (pasutri) dalam berumah tangga. Fokus utama adalah dari segi kesehatan, dengan harapan agar isteri atau calon isteri tetap sehat sehingga bayi yang dilahirkan bisa tumbuh sehat dan cerdas.

“Sosialisasi Kelas Catin ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan kesiapan yang lebih baik bagi para pasutri dalam menjalani kehidupan rumah tangga, terutama dalam menjaga kesehatan reproduksi,”Ungkapnya.

Dengan terselenggaranya sosialisasi ini, Puskesmas Kedungdung berharap para peserta dapat menerapkan pengetahuan yang didapat untuk membangun keluarga yang sehat dan berkualitas, serta membantu menurunkan angka stunting di wilayah Kabupaten Sampang.

“Salah satu tujuan dari adanya kelas catin ini di harapkan bisa mencegah stunting sejak dini,”Harapnya.

Diakhir dokter muda itu, menjelaskan bahwa kegiatan ini rutin di lakukan secara bersekala, namun kegiatan hari jumlah peserta ada sebanyak 20 calon pengantin di wilayah kerja puskesmas kedungdung. 

“Selain memberikan pengarakan dalam kegiatan ini juga dilakukan pengecekan kesehatan, ada juga tambahan obat kepada calon catin,”Tandasnya. 

Sementara kepala KUA kedungdung, Sukron Ma’mun mengucapkan banyak terima kasih dan sangat mengapresiasi kepada puskesmas kedungdung karena kegiatan ini menurutnya bagus dan sangat penting bagi kalangan calon pengantin. 

Ia juga menjelaskan dalam kegiatan ini KUA Kedungdung hanya membantu memberikan pehaman tentang ke islamian kepada calon pengantin. 

“Kebetulan saya baru disini, dan saya juga baru pertama kali mengikuti kegiatan ini,”Ucapnya.

Sukron ma’mun juga berharap kegiatan seperti ini tak hanya putus disini, bahkan menurutnya bulan-bulan berikutnya bisa ditambah koutanya agar para catin yang sudah mendaftarkan di KUA kedungdung bisa memahami pentingnya catin yang sehat. 

“Dengan adanya kegiatan ini kamipun bisa menambah wawasan tentang kesiapan- kesiapan tubuh bagi catin ini artinya bisa memberikan turunan-turunan yang berkualitas,”Pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *