Forum Diskusi Sinergi Sidaya Sehati: Langkah Baru Penanganan Kemiskinan di Bangkalan

BANGKALAN, tretan.news – DINAS Sosial (Dinsos) Kabupaten Bangkalan menggelar Forum Grup Discussion (FGD), Rabu (15/06/2024) di Ruang Meeting Asisten Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan.

Forum tersebut dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bangkalan Taufan Zairinsjah dan dihadiri oleh Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Bangkalan, BPS, Tokoh Masyarakat, Stakeholder, serta Perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pengampu kemiskinan di Kabupaten Bangkalan.

Forum tersebut membahas Aplikasi Sinergitas Sidaya Sehati dan penyusunan Peraturan Bupati (Perbup) tentang Sinergitas Data Kemiskinan sebagai kebijakan untuk Penanganan Kemiskinan di Kabupaten Bangkalan.

Sekda Kabupaten Bangkalan Taufan menyampaikan adanya aplikasi sinergitas Sidaya Sehati bisa mensinergikan program dan kegiatan penanganan kemiskinan di setiap OPD dengan BPS, sehingga penanganan kemiskinan di Kabupaten Bangkalan bisa segera diatasi dan menurun.

Sementara Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bangkalan Wibagio Suharta memaparkan, aplikasi Sinergitas Sidaya Sehati adalah pengembangan dari Aplikasi Sidaya Sehati, yang secara umum Aplikasi Sinergitas Sidaya Sehati lebih kompleks dan nantinya tiap OPD dapat mengakses aplikasi tersebut dengan user masing-masing.

“Data yang ada di aplikasi ini nantinya tidak hanya data penanganan kemiskinan yang ada di Dinas Sosial tetapi juga OPD pengampu kemiskinan, seperti bantuan sosial yang diberikan kepada nelayan oleh Dinas Perikanan, bantuan sosial yang diberikan kepada peternak kurang mampu dari Dinas Peternakan, dan lainnya,” imbuhnya.

Dinas Sosial dan SLRT Sejahtera berinisiatif melakukan inovasi yang bekerjasama dengan Universitas Brawijaya Malang dalam pengembangan Aplikasi Sinergitas Sidaya Sehati agar penanganan kemiskinan segera terentaskan dan segala bantuan sosialnya bisa terekam secara digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *