Wabup Gresik Bu Min Minta Warga Jaga Sumber Air dan Dorong PDAM Segera Realisasi Jaringan Air Bersih Untuk Warga Desa Kembangan Utara

Berita, Daerah, Pemerintah157 Dilihat

Gresik, Tretan News – Wakil Bupati Gresik Dra. Hj. Aminatun Habibah, M.Pd mengajak warga Desa Kembangan selalu menjaga kebersihan sumber air.

Hal ini disampaikan Bu Min sapaan akrab wabup, saat acara kirim doa dan selamatan desa, dalam rangka rebo wekasan. Kegiatan digelar di telaga sumber Dusun Sumber Desa Kembangan Kecamatan Kebomas, Rabu (13/9/2023).

Dikatakan, Pemkab Gresik akan mendorong PDAM segera melakukan penyambungan air bersih untuk 430 warga Desa Kembangan Utara. Saat ini sudah mendaftarkan ke PDAM Giri Tirta dalam rangka pemanfaatan air bersih.

“Ini salah satu program utama Pemkab Gresik, untuk kesehatan warga apalagi sekarang musim kemarau dan efek El Nino. Maka air menjadi kebutuhan utama warga, “ungkapnya.

Menurut wabup, persoalan air bersih menjadi prioritas yang harus segera mungkin dituntaskan oleh Pemkab Gresik. Karena penyediaan air minum dan sanitasi menjadi andalan untuk kebutuhan air bersih masyarakat.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat masalah ini segera terealisasi oleh PDAM. Sehingga warga Desa Kembangan Utara segera teraliri jaringan distribusi air bersih, “tegasnya.

Mantan Kepala Sekolah SMK Asa’adah itu, juga minta kepada warga Dusun Sumber Desa Kembangan. Untuk memelihara kebersihan Telaga sumber yang dibuat oleh Mbah Kanjeng Sunan Giri tersebut.

“Menurut sejarah, telaga sumber ini merupakan telaga pertama yang dibuat oleh Mbah Kanjeng Sunan Giri sekitar 1479 Masehi. Hingga sekarang telaga sumber ini tidak pernah kering, mari kita jaga agar air dari telaga sumber ini bisa dapat terus dimanfaatkan oleh warga, “harapnya.

Wabup Bu Min menambahkan, alhamdulillah acara nguri-nguri budaya ini masih dipertahankan oleh masyarakat di Kabupaten Gresik. Rabu wekasan atau Rabu pungkasan adalah hari Rabu terakhir pada bulan sapar atau safar, bulan hijriah yang kedua.

“Untuk itu, mari kita berdoa dan bersyukur meminta kepada Allah untuk dijauhkan dari bala dan bencana, “pungkasnya.

Kegiatan ini turut dihadiri, Camat Kebomas Yusuf Ansori, Dirut Gresik Migas H. M. Habibullah, Kepala KUA Kecamatan Kebomas Khalili, Kepala Desa Kembangan Ngadimin, dan Tokoh Agama dan masyarakat Desa Kembangan Kecamatan Kebomas, serta menghadirkan penceramah KH Ahmad Zakaria Al Ansori.

Min/red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *