Sapa Warga, Ganis Rumpoko Bahas posyandu lansia di Bakalan Krajan

Berita, Politik, Sosial26 Dilihat

MALANG, tretan.news – Calon Wakil Wali Kota Malang, Ganis Rumpoko kembali menyapa warga untuk agenda kampanye, saat ini dilakukan Kelurahan Bakalankrajan, Kecamatan Sukun. Selasa (15/10/2024).

Ganis Rumpoko yang berpasangan dengan Heri Cahyono tampak gayeng ngobrol dan bertukar pikiran bahkan warga sekitar tampak merespon baik dengan kedatangan calon wakil walikota tersebut. bahkan yang lebih menarik banyak juga dari kalangan emak-emak dan lansia yang hadir saat Mbak Ganis menyapa warga kelurahan Bakalankrajan.

Apalagi beberapa program yang dibicarakan juga menarik. Yakni terkait dengan Posyandu Lansia dan pemberdayaan lansia agar tetap bisa produktif.

“Senang sekali bisa ketemu Mbak Ganis. Meski pun masih muda, tapi mau memperhatikan kami-kami yang sudah lansia ini,” ucap Supiah, salah satu warga sekitar.

Selain itu , warga yang hadir juga mengaku akan memberikan dukungan terhadap paslon Sam HC-Mbak Ganis, yang akan menjadi calon dengan nomor urut 2 dalam Pilwali Kota Malang, 27 November mendatang.

Sebab program-program yang diberikan paslon yang diusung oleh PDI Perjuangan itu, dianggap membumi dan bisa menjadikan para lansia lebih produktif.

Salah satunya, Mbak Ganis bilang akan lebih memaksimalkan Posyandu Lansia. Termasuk memperhatikan kesehatan warga di Bakalankrajan semuanya,” tambah wanita yang sudah berusia 65 tahun itu.

Saat Sapa Warga di Bakalankrajan itu, juga muncul banyak pertanyaan ditujukan kepada Ganis. Diantaranya adalah program Sam HC-Mbak Ganis, ketika nanti diberi amanah untuk menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Malang, periode 2024-2029.

Diantaranya yang cukup menarik adalah pertanyaan menyangkut akses kesehatan bagi seluruh warga Kota Malang, tanpa memandang gender, usia maupun pendidikan.

Pertanyaan yang lebih spesifik seperti disampaikan oleh salah satu warga lanjut usia, Musripah. Yang meminta Ganis menyampaikan programnya untuk para lansia khususnya dan emak-emak pada umumnya.

Apalagi selama ini, Musripah melihat layanan kesehatan untuk kaum lansia dan emak-emak, masih perlu ditingkatkan lagi.

Padahal dalam usia lansia, akan lebih banyak keluhan terhadap berbagai penyakit yang dideritia. Termasuk perawatan kesehatan yang dekat dan mudah dijangkau.

Merespon pertanyaan tersebut, Ganis Rumpoko, yang malam itu tampil dengan ciri khasnya, memakai syal warna merah, menyampaikan program-program yang sudah disusun paslon Sam HC-Mbak Ganis, utamanya yang terkait dengan akses kesehatan.

Putri mantan Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko ini lantas memulai dengan menyampaikan data, bahwa para lanjut usia, atau senior citizen, adalah kecenderangan yang semakin besar di perkampungan. Yang mungkin selama ini kurang mendapatkan perhatian.

“Apalagi di kampung-kampung yang masuk gang-gang sempit. Seperti di Ngalik, di kawasan Muharto dan kawasan Kota Lama, misalnya. Termasuk juga mungkin di Bakalankrajan ini, yang kurang mendapat perhatian.” Ucap Ganis Rumpoko.

“Padahal dengan perhatian ini, akan bisa menyehatkan warga masyarakat dengan mengembangkan, salah satunya posyandu lansia,” imbuhnya

Selain itu, dirinya bersama Sam HC, paslon ini akan menyiapkan layanan, dengan anggaran yang ada, untuk bisa meningkatkan layanan kepada semua lapisan masyarakat. Tanpa memandang ‘simbol’ yang dimiliki dan mengedepankan prinsip inklusivitas.

“Diantaranya, kami akan mengirimkan dokter ke kampung, agar bisa memberikan pelayanan yang sangat baik (excellent). Sehingga keterlambatan penanganan bisa dikurang dengan cermat,” jelasnya

Menurut data yang ada, Indeks Kesehatan di Kota Malang dari 82,09 persen pada tahun 2021, menjadi 82,69 persen pada tahun 2022.

Hal ini menunjukkan, kinerja Kota Malang dalam rangka terwujudnya pemerataan akses dan kualitas pelayanan kesehatan, dianggap berhasil.

“Tetapi masih perlu ditingkatkan. Misalnya seperti pelayanan bagi warga kurang beruntung di perkampungan, yang jumlahnya tidak sedikit. Termasuk para emak-emak dan lansia lewat Posyadu Lansia,” tukasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *