Resmikan Jaringan Air Bersih di 3 Kelurahan, Bupati Gresik: Pemkab dan PDAM Komitmen Penuhi Kebutuhan Dasar Masyarakat.

Berita89 Dilihat

Gresik, Tretan.news – Guna memenuhi kebutuhan dasar air bersih, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani resmikan program pemasangan sambungan baru pelanggan Perumda Giri Tirta, Senin (15/5/2023).

Pemasangan sambungan pelanggan baru PDAM ini meliputi 3 kelurahan. Di antaranya Kelurahan Kemuteran, Kelurahan Kroman dan Kelurahan Lumpur Kecamatan Gresik.

Bupati Gresik yang akrab disapa Gus Yani mengatakan, ini merupakan bentuk perhatian pemerintah dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat akan air bersih.

Dirinya mengapresiasi kinerja dan kolaborasi 2 Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Bank Gresik dan Perumda Giri Tirta. Bank Gresik memberikan kredit lunak kemudian Perumda Giri Tirta melakukan pemasangan sambungan.

“Ini merupakan komitmen Pemkab dan 2 BUMD di Gresik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakatnya. Dengan tujuan agar semua warga dapat menikmati air bersih,” kata bupati.

Dikatakan, hampir 23 tahun warga di 3 kelurahan tidak menikmati jaringan air bersih, selama ini warga memakai air bawah tanah. Dirinya berharap melalui pemasangan sambungan air bersih ini derajat kesehatan masyarakat meningkat.

“PDAM berupaya mendistribusikan air layak minum, karena ini sudah ada Kemenkes. Sumber air ini disalurkan dari Bendung Gerak Sembayat (BGS), yang selama ini hak layak air minum tidak dirasakan oleh masyarakat 3 kelurahan,” ujarnya.

Selain itu, Bank Gresik melakukan Finance pinjaman lunak untuk pemasangan sambungan, mereka membayar 7500 perhari. Ini merupakan bentuk fleksibilitas Bank Gresik. Kita tinggal petakan mana saja yang punya potensi, PDAM mengumpulkan minimal 100 pelanggan baru 1 titik.

“Ini sebagai wujud nyata dari komitmen pemerintah bersama Perumda Giri Tirta dan Bank Gresik untuk pemenuhan air bersih masyarakat Kabupaten Gresik,” pungkasnya.

Usai sambutan Bupati Gresik secara simbolis membuka kran sambungan air di dampingi Direktur Utama (Dirut) Perumda Giri Tirta dan Dirut Bank Gresik di rumah Bu Mus salah satu warga Kelurahan Kemuteran.

Saat di wawancara Bu Mus merasa senang dan terharu, menurutnya kehadiran air bersih dari PDAM ini sudah lama diinginkan. “Terima kasih kepada Bapak Bupati Gresik sudah memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan kami,” ungkap Bu Mus.

Selanjutnya Bupati Gresik juga meresmikan taman ketahanan pangan warga RT 05 RW 05 Kelurahan Kemuteran dengan menanam pohon kurma Ajwa. Selanjutnya Bupati juga melihat secara langsung sambungan air bersih warga di Kelurahan Kroman dan Kelurahan Lumpur.

Hadir dalam persemian, Asisten II Edi Hadisiswoyo, Camat Gresik Arif Wicaksono, Dirut PDAM Giri Tirta Kurnia Suryandi, Dirut Bank Gresik Al Kusani, Lurah Kemuteran Rizal Ghitrif, Lurah Lumpur Riski Amelia, serta Lurah Kroman Fathan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *