Proses Pembangunan Drainase Program TMMD Desa Sembung Disambut Baik Masyarakat

Berita, TNI / Polri69 Dilihat

Gresik, tretan.news – Pembangunan drainase dalam program TMMD Ke 119 Kodim 0817/Gresik tepatnya di Dusun Juwet, Desa Sembung, Kecamatan Wringinanom, mendapat sambutan baik dari warga setempat. Bagaimana tidak, pembangunan saluran air (drainase) bisa dianggap sebagai salah satu solusi yang tepat dalam menyelesaikan buruknya sistem saluran pembuangan air di pemukiman warga. Rabu (13/3/2024).

Hal yang sama juga dirasakan oleh warga di wilayah tersebut, lantaran kondisi jalan yang dilalui saat ini bisa rawan mengalami kerusakan dikarenakan genangan air yang terjadi saat hujan tetap menggenang di badan jalan tidak dapat tersalurkan dengan baik.

Praka Alvian anggota Satgas TMMD yang melaksanakan kegiatan menyampaikan bahwa pembangunan saluran drainase dapat disambut baik oleh masyarakat karena memberikan banyak manfaat.

“Dengan dibangunnya saluran drainase, aliran pembuangan air akan lancar, tidak akan ada genangan air baik yang berasal dari hujan maupun berasal dari air limbah rumah tangga.”kata salah satu warga yang melihat proses pembuatan drainase.

Jika air limbah rumah tangga dari warga tidak dialirkan dengan baik, maka ada beberapa dampak kerugian yang dirugikan di lokasi tersebut. Yakni diantaranya terdapat kerusakan jalan yang semakin parah dan juga ancaman penyakit yang disebabkan oleh genangan air dapat memicu perkembangan biakan nyamuk dan penyakit lainnya.

“Sangat mengapresiasi peran masyarakat sekitar yang sangat membantu dalam proses pengerjaan. Pembangunan drainase merupakan sasaran pokok pada program TMMD sebagai solusi dalam penanganan masalah terutama banjir yang ada di wilayah.”ujar Praka Alvian anggota Satgas TMMD.