Polres Pamekasan Maksimalkan Persiapan Hadapi Pilkada 2024 dengan Latihan Dalmas

PAMEKASAN, Tretan.news Polres Pamekasan gencar mempersiapkan diri menghadapi Pilkada serentak 2024 dengan menggelar pelatihan pengendalian massa (Dalmas). Kegiatan yang berlangsung di Lapangan Apel Polres ini dipimpin oleh Kasat Samapta Polres Pamekasan, AKP Bambang, didampingi KBO Samapta Polres Pamekasan, Rabu (24/7/2024).

Dalam latihan tersebut, anggota Dalmas dilatih menggunakan berbagai formasi, termasuk formasi dorong dan berlindung, yang menjadi kunci dalam menghadapi situasi huru hara yang mungkin terjadi.

AKP Sri Sugiarto, Kasihumas Polres Pamekasan, menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengingatkan serta meningkatkan keterampilan anggota Dalmas dalam mengendalikan massa, yang merupakan bagian esensial dari tugas mereka. Mengingat dekatnya pelaksanaan Pilkada, persiapan ini dianggap sangat penting untuk memastikan situasi tetap kondusif dan aman.

Tak hanya melibatkan anggota Dalmas, Polres Pamekasan juga melibatkan personel Polwan dalam latihan ini sebagai bagian dari strategi untuk memastikan kesiapan fisik dan mental dalam menghadapi potensi gangguan keamanan selama Pilkada Serentak mendatang.

“Ini merupakan bagian dari upaya kami untuk memastikan bahwa personel Dalmas Polres Pamekasan siap secara fisik dan mental dalam menghadapi setiap potensi gangguan keamanan selama periode Pilkada Serentak mendatang. Kesiapan ini sangat penting untuk memastikan kelancaran proses demokrasi dan keamanan masyarakat,” ujar Kasihumas Polres Pamekasan.

Kasihumas juga mengatakan, dengan dilaksanakannya pola pelatihan secara rutin ini, secara tidak langsung akan meningkatkan kemahiran dan keterampilan personel saat menghadapi massa. Selain itu, dapat membentuk mental emosional yang stabil. Artinya, personel dapat mengendalikan dirinya dengan baik.

“Sehingga apabila sampai terjadi unjuk rasa saat pilkada nantinya. Personel tetap humanis. Tidak sampai melakukan perbuatan anarkis yang tentunya ini tidak dibenarkan,” kata Kasihumas, AKP Sri Sugiato.

Ditegaskan pula bahwa Polres Pamekasan berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Peningkatan kemampuan dan kesiapan personel menjadi salah satu strategi utama mereka dalam menghadapi segala kemungkinan yang mungkin terjadi selama pelaksanaan Pilkada serentak tahun ini.

“Polres Pamekasan terus berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, dan salah satu upayanya adalah melalui peningkatan kemampuan dan kesiapan personel dalam menghadapi situasi apapun yang mungkin terjadi selama Pilkada serentak,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *