Koordinasi Polda Jatim, Polres Periksa 3 Saksi Terkat Kasus Pelecehan NU

Berita, Hukum96 Dilihat

MALANG, tretan.news – Satreskrim Polres Malang berkoordinasi dengan Polda Jatim terkait laporan pelecehan simbol atau logo Nahdlatul Ulama (NU). Hal itu disebabkan, laporan yang sama juga terjadi di polres dan polda lain.

“Laporannya sudah kami terima. Karena pelaporannya itu ada di beberapa daerah di Indonesia maka kami hingga kini masih berkoordinasi terus dengan Subdit Siber (Ditreskrimsus) Polda Jatim,” ujar Kasatreskrim Polres Malang AKP Gandha Syah Hidayat.

Meski demikian, Gandha memastikan pengaduan yang dilayangkan Simpatisan NU di Kabupaten Malang tersebut tidak dilimpahkan ke Polda Jatim. Melainkan tetap ditangani oleh Polres Malang.

“Sementara masih (ditangani) di Polres Malang. Tapi ya itu tadi, karena ini dilaporkan di beberapa tempat, makanya kami berkoordinasi (ke Polda Jatim),” imbuhnya.

Perwira Polri dengan pangkat tiga balok ini mengaku telah memeriksa sejumlah saksi guna menindaklanjuti pengaduan pelecehan logo NU tersebut. Meski demikian, Gandha masih enggan menjabarkan terkait siapa saja saksi yang telah diperiksa tersebut.

“Ada, yang sudah diperiksa masih tiga (saksi), intinya itu, sementara itu dulu, jika ada perkembangan, nanti kami sampaikan lebih lanjut,” ujarnya.

Sebagaimana diberitakan, Ahmad Baidowi, simpatisan NU, mendatangi Satreskrim Polres Malang. Kedatangan pria itu untuk melakukan pengaduan pelecehan organisasi NU di akun medsos.

Saat melapor, Ahmad didampingi sejumlah pegiat Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum Nahdlatul Ulama (LPBH NU) Kabupaten Malang.

Pihak yang dilaporkan, adalah pemilik akun Twitter (X) BEBEL (akun baru) @pasifisstate, yang telah mengunggah logo NU yang sudah diganti dan diplesetkan.

Unggahan yang dilaporkan, karena gambar logo dianggap menyindir, karena diganti tulisan menjadi UN singkatan dari Ulama Nambang.
Gambar dalam bola dunia yang asli dalam logo NU, dalam unggahan pemilik akun ini diganti gambar alat berat dalam lingkaran.

Tak hanya itu, bintang sembilan dalam gambar unggahan ini juga ditambahi simbol Rp dan $, yang menandakan nama mata uang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *