Kekeringan Berkepanjangan, Warga Kedungdung Gelisah Soal Kesehatan Anak

Sampang,Tretan.news – Puluhan warga di Kampung Derbing, Desa Kedungdung, Kecamatan Kedungdung, Kabupaten Sampang, Madura, telah menghadapi krisis air bersih selama lima bulan terakhir akibat musim kemarau yang berkepanjangan.

Menurut warga setempat, baik air sungai maupun sumur sudah mulai mengering dalam beberapa bulan terakhir. Samsul Arifin (38), salah satu warga, mengungkapkan bahwa masalah kekeringan di desanya menjadi langganan setiap musim kemarau tiba.

“Bahkan saat musim hujan saja, kami sulit mendapatkan air bersih, apalagi di musim kemarau seperti sekarang ini,” kata Samsul kepada Awak media, Sabtu (12/10/2024).

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, warga terpaksa membeli air dari tangki dan harus menempuh perjalanan cukup jauh.

“Biasanya kami mengambil air dari sumur di Dusun Solon, Desa Pajarruen, yang jaraknya sekitar 3 hingga 4 kilometer dari rumah kami,” jelasnya.

Namun, ia menambahkan, dalam lima bulan terakhir, sumur di lokasi tersebut pun mulai kering sehingga tidak bisa lagi diandalkan. Kekeringan berkepanjangan ini memunculkan kekhawatiran terutama terkait kesehatan anak-anak di desa.

Samsul berharap dengan adanya pemberitaan ini, pemerintah desa, pemerintah daerah, atau instansi terkait dapat segera memberikan bantuan.

“Minimal setiap minggu sekali ada distribusi air bersih bagi warga,” tambahnya dengan penuh harap.

Sementara saat dikonfirmasi pj Kades Kedungdung, Hj. Cholifah menyampaikan bahwa dirinya sedang sakit, ia juga akan melaporkan kepada BPBD sampang.

“Kami akan segera laporkan kepada BPBD mas, nanti kami kabari ya,”Pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *