Kapolsek Galis Sukses Mediasi Pertengkaran Antarwarga Terkait Jual Beli Tembakau, Hadiah Istimewa HUT Polwan ke-76

PAMEKASAN, Tretan.news Kapolres Pamekasan, AKBP Jazuli Dani Iriawan, melalui Kasihumas AKP Sri Sugiarto, mengonfirmasi bahwa Kapolsek Galis AKP Nining Dyah PS bersama Danramil Galis Kapten Inf Bhakti F., serta anggota dari Polsek dan Koramil Galis, berhasil meredakan perselisihan antarwarga, pada Sabtu (31/8/2024) siang.

Perselisihan ini bermula dari ketidakcocokan harga dalam transaksi jual beli tembakau antara dua pembeli dari Desa Konang, Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan.

“Kejadian itu dipicu karena adanya saling tawar menawar tembakau oleh dua orang pembeli tembakau warga Desa Konang Kecamatan Galis,” jelas Kasihumas, AKP Sri Sugiarto.

Pemilik tembakau awalnya menawarkan harga empat juta rupiah kepada pembeli pertama, tetapi pembeli tersebut hanya menawarkan tiga juta lima ratus ribu rupiah. Karena harga tersebut tidak cocok, pemilik tembakau menawarkan kepada pembeli kedua dengan harga yang sama dan harga cocok, yaitu empat juta rupiah.

Setelah kesepakatan tercapai, pembeli pertama merasa tidak puas dan mengajukan protes kepada pembeli kedua, yang memicu terjadinya cekcok mulut yang akhirnya berlanjut ke pertengkaran.

“Disinilah awalnya keributan itu, pembeli pertama mendatangi dan menegur pembeli kedua, terjadilah cekcok mulut yang berujung pertengkaran,” ungkap Kasihumas.

Meskipun warga sekitar sempat mencoba meredakan situasi, ketegangan kembali meningkat ketika pembeli pertama datang bersama kerabatnya dan menyerang pembeli kedua.

Dalam menghadapi serangan ini, pembeli kedua juga memanggil sekitar lima puluh orang kerabat dari desa lain dan mendatangi rumah salah satu pengeroyokan.

“Mendengar adanya laporan kejadian itu, Kapolsek Galis AKP Nining beserta anggotanya mendatangi lokasi bentrokan untuk mencegah kejadian yang lebih besar, dan membawa kedua belah pihak ke Mako Polsek Galis,” kata Kasihumas.

Selanjutnya, mediasi dilakukan di aula Polsek Galis dengan dihadiri oleh Kapolsek, Danramil, Babinsa, Bhabinkamtibmas Desa Konang, Kepala Desa Konang, serta keluarga dari kedua belah pihak.

Kapolsek Polwan satu-satunya di Jajaran Polres Pamekasan, AKP Nining Dyah PS, yang dikenal dengan naluri keibuannya, berusaha keras untuk menenangkan emosi kedua pihak yang berseteru. Berkat upaya Kapolsek dan semua pihak perselisihan akhirnya dapat diselesaikan dengan damai.

“Proses mediasi berlangsung alot, alhamdulillah upaya Bu Kapolsek berhasil mendamaikan kedua belah pihak, dibantu oleh Danramil, Babinsa, Pak Bhabin dan anggota yang lain,” terang Kasihumas yang pada waktu itu juga menyaksikan proses mediasi.

Kejadian ini bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Polwan ke-76 yang jatuh pada 1 September 2024. Kapolsek Galis mendapatkan apresiasi khusus atas keberhasilannya dalam menyelesaikan perselisihan ini, menjadikannya sebagai kado istimewa dalam perayaan Hari Polwan tersebut.

“Ini menjadi kado Bu Kapolsek di Hari Ulang Tahun Polwan yang ke-76, tepat pada tanggal 1 September 2024 hari ini, dapat mencegah bentrok antar warga, selamat Hari Polwan ke-76 Bu Kapolsek,” tandas Kasihumas, AKP Sri Sugiarto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *