Jalan Sempit dan Material Ambruk, Sulitkan Petugas Padamkan Api di Jatim Park 3

Berita, Daerah, Peristiwa55 Dilihat

BATU, tretan.news – Terdapat kondisi yang membuat petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkot Batu, kesulitan saat proses pemadaman area Rumah Hantu Jepang The Legend Star Jatim Park 3 di Kota Batu, Jawa Timur yang terbakar.

Selain jalan masuk sempit, banyaknya reruntuhan material yang membuat petugas kesulitan menjangkau sejumlah titik api di area tersebut.

’’Banyak material yang ambruk mas. Sehingga menghalangi jalan kami mendekat ke titik-titik api,’’ ujar Kasi Pemadam Kebakaran Pemkot Batu Lendi, usai berjibaku memadamkan api dengan timnya di lokasi.

Dijelaskan, selain jalan di Wahana Rumah Hantu sempit, ditambah banyak reruntuhan material membuat tim pemadam kesulitan memadamkan api dengan cepat.

Meski demikian, tim pemadam terus bekerja keras. Dari mulai pukul 15.30, api baru bisa dijinakkan pukul 18.00.
Ditanya soal air, Lendi mengatakan, pihaknya memaksimalkan air dari hydrant di lokasi. Keberadaan sejumlah hydrant yang ada sangat membantu proses pemadaman.

’’Kami juga memanfaatkan air tandon yang ada di Jatim Park 3 untuk memadamkan api,’’ tegasnya.

Soal kekuatan pemadam, pihak Damkar Pemkot Batu menerjunkan total enam kendaraan pemadam kebakaran terdiri dari dua mobil pompa, dua water supply, sebuat fast response, dan sebuah storing unit.

Kemudian, terdapat 23 personel yang diterjunkan, yakni 14 personel regu piket, delapan personel regu siaga, dan satu personel regu lepas piket.

’’Kami dapat bantuan 1 unit dari PMI,’’ pungkas Lendi.

Terpisah, Manager Marketing dan Public Relations Jatim Park Group, Titik S Arianto mengatakan, Jatim Park 3 tetap buka. Pihak manajemen hanya menutup wahana Rumah Hantu. Diupayakan secepatnya akan dibuka kembali.

’’Kami upayakan secepatnya dibuka kembali. Kami menunggu arahan dari aparat yang berwenang,’’ ujar Titik.

Seperti diberitakan, Diduga penyebab kebakaran di area Rumah Hantu Jepang The Legend Star Jatim Park 3 di Kota Batu, Jawa Timur, adalah over heat atau panas berlebihan dari mesin pompa air.

Akibatnya, panas yang berlebih itu membuat kabel penghubung pompa meleleh dan terjadilah korsleting listrik.
Pihak Jawa Timur Park 3 dibantu oleh pihak dari pemadam kebakaran, kepolisian, dan beberapa pihak berwajib lainnya berhasil memadamkan kebakaran yang terjadi pada salah satu area di Jawa Timur Park 3 yaitu The Legend Stars Park pada Selasa, (3-9-2024) pukul 15.00 WIB.

Kejadian kebakaran mulai dilaporkan pada pukul 15.30 oleh salah satu petugas The Legend Stars Park di area kejadian. Pihak pemadam kebakaran langsung tiba di lokasi setelah 30 menit kemudian.

Manajemen Jawa Timur Park 3 memprioritaskan keselamatan petugas dan pengunjung pada area dengan langsung melakukan cleaning area The Legend Stars Park dan penutupan entrance gate The Legend Stars Park dengan segera untuk memperlancar proses penanganan area oleh pihak berwajib.

Api berhasil dipadamkan dengan segera berkat bantuan seluruh pihak berwajib yang segera datang ke area.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *