Gerak Cepat Polisi RW Polres Situbondo bersama Babinsa dan Kades Redam Kabar Hoax Warga Miliki Ilmu Santet

Berita169 Dilihat

SITUBONDO, TRETAN.news  Tidak ingin isu santet membuat resah masyarakat, Polisi RW bersama Babinsa dan Kepala Desa turun langsung menyelesaikan permasalahan warga di desa Tokelan kecamatan Panji. Mediasi dilakukan di Omah Rembuk terkait adanya peristiwa pencemaran nama baik Isu santet.

Isu santet ini merebak di masyarakat tokelan setelah ada salah satu warga yang meninggal dunia kemudian oleh SY (60) diisukan bahwa penyebab meninggalnya akibat ilmu santet yang dimiliki tetangganya sendiri yakni MS (60).

Akibat isu tersebut timbul keresahan masyarakat yang kemudian sampai ke telinga Polisi RW Aiptu H. Ali Nurrahman yang merupakan anggota Polsek Panji Polres Situbondo. Kemudian permasalahan tersebut direspon dengan berkoordinasi TNI Polri dan Pemdes untuk mempertemukan dua warga untuk dilakukan mediasi.

“ Benar ada permasalahan pencemaran nama baik isu santet, pihak penuduh dan tertuduh dipertemuakan di Omah Rembuk Balai Desa Tokelan Panji untuk dilakukan mediasi dengan disaksikan masyarakat supaya isu ini tidak berkembang dan menimbulkan keresahan masyarakat “ kata Kapolsek Panji AKP H. Nanang Priyambodo, S.Sos, Senin (5/6/2023)

Hadir dalam mediasi tersebut, Kades Tokelan, Polisi RW, Babinsa, Kanit Reskrim, Kanit Binmas, Kanit Intel Polsek Panji, Kepala Dusun Krajan, pihak tertuduh MS dan penuduh SY, pihak keluarga dan perwakilan warga.

Dalam mediasi tersebut terungkap fakta bahwa isu ilmu santet yang tersebar di masyarakat dusun Krajan desa Tokelan adalah hoax atau berita palsu yang beredar dari omongan ibu-ibu yang belum tentu benar adanya. Selanjutnya, disepakati untuk membuat pernyataan antar kedua pihak dan juga pihak tertuduh meminta pihak penuduh disumpah Al-Qur’an dengan disaksikan warga bahwa tuduhan itu tidak benar.

Sementara itu, Kepala Desa Tokelah Ach. Misuri mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, Polisi RW, Babinsa dan Kapolsek Panji yang merespon dengan cepat keresahan masyarakat terkait isu santet sehingga tidak sampai terjadi perselisihan yang berujung kekerasan.

“ Terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak, Polisi RW, dan juga Bapak Babinsa serta Bhabinkamtibmas yang telah membantu kami mendamaikan warga kami sehingga tidak ada lagi keresahan karena isu santet ” ujarnya

Di tempat terpisah, Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, S.H., S.I.K., M.H. menjelaskan, dengan adanya respon cepat Polisi RW, Babinsa dan Kades Tokelan kecamatan Panji serta Kapolsek Panji akhirnya persmasalahan isu santet dapat diredam dan tidak menimbulkan gangguan kamtibmas yang lebih besar.

“ hadirnya Polisi RW memang untuk menangani persoalan di tengah lingkungan masyarakat dari lingkup yang terkecil, yaitu RW. Selama permasalahan bisa diselesaikan secara musyawarah atau kekeluargaan tidak perlu sampai membuat laporan di Polsek atau Polres. Kuncinya adalah komunikasi “ tandasnya

Selain itu, Kapolres Situbondo juga mengimbau kepada masyarakat apabila menerima informasi agar selalu kroscek kebenarannya atau bisa bertanya kepada Polisi RW yang bertugas dilingkungannya supaya tidak terjadi menyebarkan info hoax yang merugikan orang lain.

“ intinya adalah komunikasi, Polisi RW diharapkan sering berinteraksi dengan masyarakat memberikan imbauan-imbauan terkait situasi kamtibmas sehingga nantinya tercipta sinergi Polisi dan masyarakat bisa menyelesaikan permasalahan bersama-sama “ pungkasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *