Deklarasi Bumbung Kosong Yang di Motori Ali Candi GenPabumi Gresik

Berita28 Dilihat

GRESIK , tretan.news – Ali Candi GemPabumi gelar deklarasi bumbung kosong masa pilkada ,tempat taman Gresik Jl. Sumatra No.12, Setingi, Randuagung, Kec. Kebomas, Kabupaten Gresik,Minggu 30/09/2024.

Ali candi telah menyampaikan bahwa bumbung kosong, sementara secara umum bisa disebut kotak kosong. Istilah bumbung kosong atau kotak kosong ini muncul untuk pelaksanaan kontestasi politik di mana sang kandidat bertarung tanpa ada lawan. Maka bumbung kosong alias kotak kosong itulah yang dianggap sebagai lawan politiknya

Bumbung kosong ini muncul dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di sejumlah tempat, termasuk kemungkinan di beberapa daerah di Jatim dalam pemilihan Bupati dan wakil Bupati kalau sang kandidat hanya tunggal dan tak ada lawan, maka kontestasi pemilihan itu maka dihadirkan bumbung kosong sebagai lawan sang kandidat. Seiring berkembangnya waktu, ternyata dalam kontestasi yang lebih besar, dalam Pilkada contohnya, juga muncul bumbung kosong. Fenomena ini mestinya dihindari karena saat kandidat hanya melawan bumbung kosong sepertinya tidak ada orang lain yang layak dipilih jadi pemimpin padahal sebenarnya banyak yang mampu.ujar Cak Ali candi

“Dalam demokrasi substantif, warga bukanlah obyek, melainkan subyek. Munculnya fenomena kotak kosong sesungguhnya yang dirugikan adalah warga. Bagi politikus, jabatan adalah sumber kekuasaan dan peluang memupuk kapital. Padahal, bagi warga, pemimpin yang dipilih karena kualitas dan integritasnya mutlak diperlukan karena mereka yang akan mengelola sumber daya untuk memenuhi hak-hak warga.

Selain memberi martabat partai partai didaerah buat pemilik partai juga pesan moral buat partai jika rakyat Gresik masih punya harga diri ,bukan sekedar tumbal 5 tahunan untuk jabatan mereka.

Kemenangan kotak kosong adalah kemenangan semua ,kemenangan kotak kosong bukan berarti mengalakan Paslon tunggal yg tapi memberi kesempatan saat pilkada ulang 2025, barangkali bisa ganti pasangan yang sesuai kehendak pemilih dan memberi kesempatan calon baru untuk maju.

“Mega Bagus Saputro menyampaikan bahwa ,” harapan kami terkait Bombong kosong masyarakat ini punya pilihan demokrasi dengan mencoblos bumbung kosong itu adalah suatu pilihan ,ketika bumbung kosong menang artinya demograsi yang telah dirampas oleh ketua partai ,ketua parpol dari pusat itu bisa pulih.

Masyarakat kab kota Gresik yang harusnya kita memiliki lima puluh anggota dewan sebagai pengawas pemerintah fungsi kontrol saat ini menjadi bisa satu mengusung Paslon ,” artinya anggota kab fungsi pengawasnya kontrolnya saat ini mulai dikebiri dengan adanya Paslon satu Paslon .

“Harapan kami bumbung kosong ini bisa disuarakan terus kemasyarakat gresik nantinya bumbung kosong menang nanti bisa diulang adanya calon-calon para daerah muncul bukan hanya satu Paslon karena fungsi sebagai dewan kontrol bisa dimaksimalkan ,tutur bagus Saputro.

Biro..HDK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *